Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Teknologi NanoeX Hembuskan Kesegaran Udara Tanpa Putus di Kabin Mitsubishi Xforce

Suspensi pada SUV ini telah disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan pasar Indonesia dan target pasar ekspornya.

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Teknologi NanoeX Hembuskan Kesegaran Udara Tanpa Putus di Kabin Mitsubishi Xforce
HO
Mitsubishi melanjutkan kegiatan roadshow SUV terbarunya yang diperkenalkan di gelaran GIIAS 2023, Mitsubishi Xforce ke Bekasi. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Mitsubishi melanjutkan kegiatan roadshow SUV terbarunya yang diperkenalkan di gelaran GIIAS 2023, Mitsubishi Xforce ke Bekasi.

Roadshow ini mengambil lokasi di Summarecon Mall Bekasi selama empat hari mulai 21-24 September 2023 setelah sebelumnya roadshow serupa diselenggarakan di Mall Kelapa Gading dan Kemang Village, Jakarta.

Pameran seperti ini banyak menawatkan program penjualan menarik, sekaligus untuk menghilangkan rasa penasaran masyarakat yang ingin tahu lebih dekat compact SUV 5-seater ini. Selama roadshow, diselenggarakan test drive untuk menjajal langsung performa mobil ini.

Mitsubishi mengembangkan Xforce untuk mendukung konsep SUV kompak. Terutama pada setelan kaki-kaki dan mesinnya. Suspensi pada SUV ini telah disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan pasar Indonesia dan target pasar ekspornya.

Baca juga: Rangkuman Test Drive Mitsubishi XForce, Toyota Yaris Cross hingga Hyundai Stargazer X

Suspensinya juga telah diuji dengan membandingkan kendaraan lain yang ada di kelasnya dan hasilnya Xforce menjadi yang terbaik di kelasnya. "Sebelum melakukan pengembangan, ada beberapa kompetitor yang kami tes suspensinya dan sejujurnya rasanya tidak nyaman. Jadi memang suspensi di XForce sudah kami improve," ujar Hikaru Mii, Director of Product Strategy Division PT MMKSI.

Well-Tuned Suspension yang disematkan, kian menambah kenyamanan saat berkendara karena memiliki ukuran yang sama dengan Mitsubishi Pajero Sport. Bahkan, mampu memberikan performa layaknya mobil mewah Eropa dengan bantingan yang nyaman, namun tidak lemah.

BERITA TERKAIT

Dalam proses pengembangan kendaraan ini, perancangnya menitik beratkan bagaimana agar suspensinya bisa nyaman namun tetap memiliki karakter SUV dengan handling terbaik di kelasnya. Ditunjang ground clearance 222 mm, Xforce menjadi kendaraan yang tertinggi di kelasnya. Hal itu, membuat pengendaranya percaya diri melewati berbagai kondisi jalan yang ada di Indonesia.

Sejumlah pengunjung yang melakukan test drive pun mengakui kenyamanan yang ada pada Xforce. Terutama pada fitur empat mode berkendara yang ada pada kendaraan ini. Hikaru Mii menyebut, para pengguna Mitsubishi Xforce diberi kemudahan dalam berkendara lewat empat mode berkendara yang telah disediakan Mitsubishi Motors, yakni Mode Normal, Wet, Gravel dan Mud.

"Kami sudah melakukan banyak uji coba dan menurut pendapat kami mode yang paling cocok buat masyarakat Indonesia itu Wet Mode dan kemudian Gravel Mode. Jakarta jalanannya memang sudah banyak yang mulus namun kalau kita keluar dari Jakarta, kondisinya berbeda. Ada beberapa area yang memang cukup butuh Gravel Mode," ujar Hikaru Mii.

Empat mode berkendara itu disebutnya untuk menyesuaikan kondisi jalan yang ada di Indonesia. Mode berkendara Wet Mode menjadi fitur pertama yang disematkan pada model kendaraan Mitsubishi Motors. Fitur ini akan memberi kenyamanan saat dipakai pada kondisi jalan basah dan licin.

Pada Mode Normal, pengendara bisa memakainya untuk kondisi jalan normal dan Mode Gravel untuk kondisi jalan berkerikil. Sementara untuk Mode Mud, kendaraan bisa dipakai ketika menemukan jalan yang berlumpur.

"Sebenarnya mode berkendara ini bukan mobil 4x4, tapi apabila kita memilih drive mode maka akan ada peningkatan fungsi dibanding berkendara mode normal. Misalnya wet mode, seberapa dalam yang bisa dilewati ketika banjir oleh Xforce?"

"Kalau 30 centimeter masih bisa oke, dan biasanya kalau normal mode atau berkendara biasa, grip ban jadi licin dan tidak stabil. Namun, jika mengaktifkan wet mode akan lebih stabil. Dan AYC akan bisa menolong apabila ada situasi di medan jalan licin, sehingga tidak terjadi kecelakaan," jelasnya.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas