Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Ini Perbedaan Kaca Film Metal dan Non-Metal untuk Kendaraan, Bagaimana dengan Fungsinya?

Pemakaian kaca film di kendaraan turut berkontribusi menghadirkan kenyamanan di perjalanan, terlebih pada kendaraan penumpang.

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Ini Perbedaan Kaca Film Metal dan Non-Metal untuk Kendaraan, Bagaimana dengan Fungsinya?
Istimewa
Ilustrasi pemasangan kaca film mobil. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemakaian kaca film di kendaraan turut berkontribusi menghadirkan kenyamanan di perjalanan, terlebih pada kendaraan penumpang.

Misalnya saat cuaca sedang sangat terik, kaca film membantu penumpang dan juga pengemudi dari risiko silau dan paparan sinar UV.

Sebagian pemilik mobil membeli kaca film sebagai produk aftermarket lantaran saat ini sudah cukup banyak merek dan jenis kaca film yang ditawarkan.

Baca juga: Tingkat Kegelapan Kaca Film yang Ideal untuk Jaga Privasi Berkendara

Pada beberapa tipe mobil baru dari sejumlah merek, kaca film sudah menjadi bagian dari pembelian kendaraan alias jadi kaca film bawaan atau disebut juga sebagai kaca film Original Equipment Manufacturer atau OEM.

Namun kenyataannya, sebagian bawaan adalah kaca film non metal tapi ada juga yang memakai metal biasa yang kurang maksimal.

Kaca film metal

Kaca film yang beredar saat ini sebagian besar terbuat dari logam biasa seperti aluminium, nikel dan perunggu.

BERITA TERKAIT

Logam-logam ini memiliki beberapa fungsi penolak panas namun datang dengan tampilan reflektif yang mengganggu dan tidak banyak meneruskan cahaya, membuat mengemudi malam hari menjadi lebih sulit.

Metal biasa juga memiliki kelemahan mudah mengalami demetalisasi dan logam yang ditambahkan pada film lebih tidak merata.

Logam biasa dan teknologi manufakturnya juga berpengaruh pada harga film. Konsumen harus waspada pada kaca film jenis ini bila dijual lebih tinggi dari pada nilai yang seharusnya.

Kaca film non-metal

Kaca film bisa dibuat dari non logam seperti oksida dan nitrat. Manfaat dari film-film ini adalah bahwa mereka tidak memiliki permukaan seperti cermin.

Tapi performa mereka dalam penolakan panas umumnya rendah. Mereka bekerja seperti "spons", menyerap panas dan bukannya memantulkan panas, jadi secara alami; mereka diklasifikasikan sebagai penyerap panas.

Film non-metal yang sangat murah seperti film yang dicelup bahkan bisa pudar warnanya di bawah paparan sinar matahari.
Film non metal seperti nitrat lebih baik karena memiliki beberapa sifat penolakan panas tetapi biasanya lebih gelap, lebih mudah menyerap panas dan permukaan film rentan retak.

Karena biaya material rendah, Anda mungkin sebaiknya mempertimbangkan performa film dan biaya secara keseluruhan.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas