Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Nissan Suntik Mati GT-R R35 Setelah 17 Tahun Diniagakan

Nissan menghentikan produksi Nissan GT-R generasi R35 setelah 17 tahun diniagakan dan mewarnai segmen coupe sport 2 pintu.

Penulis: Lita Febriani
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Nissan Suntik Mati GT-R R35 Setelah 17 Tahun Diniagakan
Motortrend
Nissan memutuskan menghentikan produksi sport coupe 2 pintu GT-R R35. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM -  Nissan menghentikan produksi Nissan GT-R generasi R35 setelah 17 tahun diniagakan dan mewarnai pasar otomotif dunia, khususnya di segmen coupe sport 2 pintu.

Edisi terakhir GT-R R35 akan hadir di penghujung tahun 2024.

Kedua edisi khusus model tahun 2024 tersebut adalah Nissan GT-R T-spec Takumi Edition 2024 dan Edisi Skyline. Keduanya akan dijual seharga 130.000 dolar AS atau sekitar Rp 2,1 miliar.

Nissan GT-R R35 memulai debutnya pada tahun 2008 (di AS sebagai model tahun 2009), dengan angka performa yang sangat mencengangkan dan fokus yang agak terpolarisasi pada perangkat keras yang disempurnakan dengan komputer.

Di bawah kap, mesin enam silinder segaris generasi sebelumnya digantikan oleh mesin VQ-series V-6 yang berkapasitas 3,8 liter dan mendapat banyak dorongan dari turbocharger kembar IHI.

GT-R awal menghasilkan tenaga 480 hp dan torsi 443 lb-f (angka yang sangat besar untuk saat itu) dan melaju hingga 60 mph hanya dalam 3,2 detik menuju 11,6 kuartal.

BERITA TERKAIT

Selama lebih dari satu setengah dekade, Nissan terus mengembangkan GT-R. Ia terus menambah tenaga, meningkatkan kinerja GT-R dan harganya.

Selanjutnya, Nissan GT-R Nismo 2015, tenaganya ditingkatkan menjadi 600 hp dan torsi 481 lb-ft, waktu 0-60 mph dalam 2,9 detik dan waktu seperempat detik yang datar.

Mengutip MotorTrend Edisi Takumi, merupakan bentuk penghormatan kepada takumi (ahli) yang merakit GT-R dengan tangan.

Ini menampilkan pelat VIN emas di ruang mesin, mengenali takumi dengan tulisan terukir merah. Nissan mengatakan mesin pada model ini lebih seimbang, meski spesifikasinya belum banyak terungkap di publik.

Lebih penting lagi bagi para penggemar, Edisi Takumi menampilkan cat Midnight Purple, warna yang sangat bergema dalam pengetahuan Godzilla dan trim interiornya adalah Mori Green.

Baca juga: Nissan Batalkan Rencana Produksi Mobil Listrik di Amerika

Beberapa bagian yang ditingkatkan berlimpah performa, mulai dari rem karbon-keramik GT-R Nismo, roda Rays 20 inci bercat emas dari Nismo, spatbor depan yang lebih lebar dan Sistem Kontrol Dinamis Kendaraan yang disetel secara khusus (juga disetel oleh Nismo).

Edisi Takumi diprediksi akan ditawarkan seharga 152.985 dolar AS atau setara Rp 2,4 miliar.

Sedangkan Skyline Edition dijual sedikit lebih murah. Datang dengan cat Bayside Blue dengan interior Sora Blue.

Baca juga: Menyambangi Isuzu Plaza di Fujisawa Plant, Pernah Bikin Sport Car Bellett 1600 GT-R

Bayside Blue, menurut Nissan, sudah pensiun setelah R34 Skyline GT-R yang legendaris tersingkir, namun dihidupkan kembali pada tahun 2019 sebagai warna 50th Anniversary Edition.

Sekarang kembali, sebagai warna perpisahan GT-R. Edisi Skyline tampaknya tidak memiliki perubahan lain. Ini dijual seharga 132.985 dolar AS atau sekitar Rp 2,1 miliar.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas