Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Toyota Tambah Jaringan Charging Station di Lokasi Strategis

Anton Jimmi Suwandy mengatakan charging spot dibangun supaya pelanggan BEV dan PHEV Toyota, Lexus tidak perlu khawatir akan range anxiety

Penulis: Lita Febriani
Editor: Sanusi
zoom-in Toyota Tambah Jaringan Charging Station di Lokasi Strategis
dok TAM
Toyota-Astra Motor Memperluas Jaringan Charging Station Spot untuk EV Toyota di Jakarta--Jajaran Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy (kanan) dan Hiroyuki Oide (kedua kiri) bersama Pakuwon Group Director Lili Mulyadi Sila (kedua kanan) dan Marketing Planning GM TAM Resha Kusuma A. (kiri) mengapit Ultra Fast Charging Spot Toyota saat meresmikan pengoperasian fasilitas Privilege Charging Spot dan Privilege Parking Spot untuk mobil Electric Vehicle (EV) Toyota di Mal Gandaria City, Jumat (5/7). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Toyota Astra Motor (TAM) saat ini sudah memiliki charging station sebanyak 115 titik di dealer dan area publik, yang akan mendukung para pengguna kendaraan Battery Electric Vehicle (BEV) dan Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) Toyota.

Yang terbaru, TAM baru saja menambah fasilitas Privilege Charging Spot dan Privilege Parking Spot di Gandaria City Mal, Jakarta Selatan, Senin (8/7/2024).

Fasilitas ini menambah jumlah total Ultra Fast Charging spot Toyota menjadi empat titik, yang sebelumnya sudah hadir di ASHTA Mall Jakarta, Rest Area KM 456A dan Rest Area KM 695A.

Baca juga: Pemerintah Perlu Perluas Infrastruktur SPKLU dan SPBKLU untuk Akselerasi Ekosistem EV

Selain di area publik tersebut, ada juga 111 dealer dengan charging spot termasuk 3 yang menggunakan Ultra Fast Charger di cabang Toyota wilayah Semarang, Yogyakarta dan Banda Aceh.

Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy, mengatakan charging spot dibangun supaya pelanggan BEV dan PHEV Toyota, serta Lexus tidak perlu khawatir akan range anxiety atau rasa khawatir daya baterai habis sebelum mencapai tujuan.

Toyota-Astra Motor  Memperluas Jaringan Charging Station Spot untuk EV Toyota di Jakarta--Jajaran Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy (kanan) dan Hiroyuki Oide (kedua kiri) bersama Pakuwon Group Director Lili Mulyadi Sila (kedua kanan) dan Marketing Planning GM TAM Resha Kusuma A. (kiri) mengapit Ultra Fast Charging Spot Toyota saat meresmikan pengoperasian fasilitas Privilege Charging Spot dan Privilege Parking Spot untuk mobil Electric Vehicle (EV) Toyota di Mal Gandaria City, Jumat (5/7).
Toyota-Astra Motor Memperluas Jaringan Charging Station Spot untuk EV Toyota di Jakarta--Jajaran Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy (kanan) dan Hiroyuki Oide (kedua kiri) bersama Pakuwon Group Director Lili Mulyadi Sila (kedua kanan) dan Marketing Planning GM TAM Resha Kusuma A. (kiri) mengapit Ultra Fast Charging Spot Toyota saat meresmikan pengoperasian fasilitas Privilege Charging Spot dan Privilege Parking Spot untuk mobil Electric Vehicle (EV) Toyota di Mal Gandaria City, Jumat (5/7). (dok TAM)

"Fasilitas charging spot di dealer resmi Toyota berusaha meng-cover pelanggan di wilayah perkotaan, ditambah fasilitas serupa di Rest Area Jalan Tol Trans Jawa untuk mobilitas antar kota, bersama Privilege Charging Spot dan Privilege Parking Spot di mal besar di Jakarta untuk melayani area lifestyle. TAM akan terus menghadirkan fasilitas charging spot di berbagai lokasi strategis untuk menjangkau lebih banyak lagi pelanggan kendaraan elektrifikasi kami," tutur Anton, Jumat (5/7/2024).

BERITA TERKAIT

Pelanggan Toyota dapat mengakses fasilitas charging spot gratis tanpa biaya. Saat ini, charging spot di outlet resmi Toyota sudah terdapat di 111 titik di berbagai wilayah dengan perincian 16 titik di Pulau Sumatera, 85 titik di Pulau Jawa, 1 titik di Pulau Kalimantan, 7 titik di Pulau Sulawesi dan 2 titik di Pulau Bali dan Nusa Tenggara.

Toyota menyebut, jumlah tersebut sudah mencakup 34 persen dari total 329 dealer resmi Toyota di seluruh Indonesia.

Baca juga: Populasi Kendaraan Listrik Tembus 188.924 Unit di 2023, Bisnis SPKLU Makin Menjanjikan

Masing-masing outlet memiliki 1 unit AC Charger berdaya 22 kW, sementara DC Ultra Fast Charging (UFC) berdaya 120 kW tersedia di dealer resmi Toyota Nasmoco Bantul Yogyakarta, Nasmoco Majapahit Semarang dan 150kW di Dunia Barusa, Banda Aceh.

Rencananya, Toyota akan terus menambah fasilitas charging spot di banyak area lain, mengingat antusiasme masyarakat yang kian meningkat seiring semakin populernya xEV Toyota.

Untuk menunjang mobilitas antar kota pelanggan serta menambah daya jelajah BEV dan PHEV lebih jauh lagi lagi, Toyota juga mengoperasikan UFC di Rest Area KM 456A Salatiga-Surabaya berkolaborasi dengan PLN dan Rest Area KM 695A Jombang-Surabaya Jalan Tol Trans Jawa.

Fasilitas yang disediakan berupa 1 unit Ultra Fast Charging yang dilengkapi tiga jenis gun charger tipe CCS2, CHAdeMO dan AC Type 2 (22 kW) yang dapat dimanfaatkan oleh pelanggan Toyota.

Sementara itu, untuk Privilege Charging Spot merupakan fasilitas isi ulang baterai xEV, eksklusif untuk BEV dan PHEV Toyota, serta Lexus.

Dengan 4 spot charging di Gandaria City Mal, tersedia 1 unit UFC 120 kW (dengan 3 jenis gun charger tipe CCS2, CHAdeMO and AC Type 2 (22 kW)) dan 1 unit AC Charger Type 2 22 kW yang dapat dimanfaatkan secara gratis selama pelanggan shoping atau hangout di mal.

Selain itu, terdiri atas 3 titik parkir, Privilege Parking Spot merupakan area parkir dedicated yang disediakan khusus untuk semua jenis kendaraan elektrifikasi Toyota dan Lexus

Pelanggan Toyota tidak perlu repot urusan flow kendaraan yang parkir dan proses isi ulang baterai karena ada petugas yang siap membantu sepanjang jam kerja mal.

Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Hiroyuki Oide, menyatakan TAM berkomitmen membangun Toyota xEV Ecosystem berupa charging spot yang tersebar luas, mulai dari outlet Toyota di berbagai lokasi strategis perkotaan, pusat perbelanjaan besar sebagai spot lifestyle, hingga rest area jalan tol untuk menunjang mobilitas jarak jauh.

"Charging spot ini memberikan solusi untuk meningkatkan daya jelajah BEV dan PHEV Toyota serta Lexus sekaligus mendukung mobilitas pelanggan hingga ke berbagai wilayah, sehingga lebih banyak masyarakat berpartisipasi dalam menekan emisi karbon," ucap Hiroyuki Oide.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas