Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Pabrik VinFast Beroperasi Akhir 2025, Langsung Produksi 4 Model Setir Kanan

Di akhir tahun depan, Vinfast juga akan langsung memproduksi empat mobil listrik setir kanan, diantaranya VF 3, VF 5, VF 6 dan VF 7

Penulis: Lita Febriani
Editor: Sanusi
zoom-in Pabrik VinFast Beroperasi Akhir 2025, Langsung Produksi 4 Model Setir Kanan
Tribunnews/Lita
Ground breaking pabrik mobil listrik VinFast di Subang, Jawa Barat, Senin (15/7/2024). -Lita Febriani- 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, SUBANG - VinFast menargetkan pembangunan pabrik mobil listriknya di Indonesia akan selesai pada kuartal keempat tahun 2025.

Di akhir tahun depan, Vinfast juga akan langsung memproduksi empat mobil listrik setir kanan, diantaranya VF 3, VF 5, VF 6 dan VF 7.

CEO VinFast Indonesia Temmy Wiradjaja, mengatakan saat ini pihaknya telah menyelesaikan izin tata ruang untuk pembangunan pabrik mobil listrik.

Baca juga: VinFast Inves Rp 3,2 Triliun, Bangun Pabrik Mobil Listrik di Subang

"Tahap selanjutnya adalah perizinan produksi, masih dalam proses. Diperkirakan memulai produksi pada 2025, kita harus mengejar target pemerintah selesai 2025, jadi harus produksi 2026 sesuai aturan pemerintah," tutur Temmy saat Ground Breaking pabrik VinFast di Subang, Jawa Barat, Senin (15/7/2024).

Temmy menambahkan, untuk tahap pembangunan pabrik perusahaan menggelontorkan dana sebesar 200 juta dolar atau setara Rp 3,2 triliun. Luas area lahan pabrik mobil listrik VinFast sendiri mencapai 170 hektar.

VinFast akan memboyong VF 5 di pameran otomotif GIIAS 2024 pada 18-28 Juli 2024 di ICE BSD Tangerang.
VinFast akan memboyong VF 5 di pameran otomotif GIIAS 2024 pada 18-28 Juli 2024 di ICE BSD Tangerang. (dok. VinFast)

"Acara peletakan batu pertama ini kami selenggarakan hanya beberapa bulan setelah VinFast resmi hadir di Indonesia, hal ini menegaskan ekspansi strategis dan daya saing VinFast di Asia Tenggara, sekaligus menandai tonggak penting dalam strategi kami untuk menjadi pemain terkemuka di salah satu pasar kendaraan listrik paling menjanjikan di wilayah ini," ucap Temmy.

BERITA TERKAIT

Sebelumnya, produsen kendaraan listrik asal Vietnam ini telah meluncurkan dua model SUV listrik kemudi kanan, VF 5 dan VF e34 dan membuka dua dealer.

Baca juga: VinFast Tampil Perdana di GIIAS 2024, Lini Mobil Listrik Ini yang Akan Dibawa

"Proyek ini menunjukkan komitmen jangka panjang VinFast kepada Indonesia, mendongkrak sektor kendaraan listrik, mendukung pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia," ungkapnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas