Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Toyota Sediakan 3.374 Unit Kendaraan Elektrifikasi untuk Olimpiade Paris 2024

Toyota juga menyediakan 200 unit e-puller, kursi roda bertenaga listrik untuk memastikan para atlet memiliki akses yang mudah.

Penulis: Lita Febriani
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Toyota Sediakan 3.374 Unit Kendaraan Elektrifikasi untuk Olimpiade Paris 2024
Japan Times
Toyota mengirimkan 3.374 unit berbagai jenis kendaraan elektrifikasi (xEV) untuk mendukung gelaran Olimpiade Paris 2024. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM - Mendukung gelaran Olimpiade Paris 2024 dengan mobilitas ramah lingkungan, Toyota mengirimkan 3.374 unit berbagai jenis kendaraan elektrifikasi (xEV).

Keseluruhan unit digunakan untuk men-support mobilitas para atlet, staf, relawan, media dan penonton Olimpiade dan Paralimpiade Paris 2024.

Bukan hanya itu, Toyota mengumumkan pula kampanye Start Your Impossible untuk mendukung 11 atlet Asia.

Di Asia, Hero Project berbagi cerita dengan 11 atlet dari Indonesia, India, Malaysia, Nepal, Pakistan, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam yang siap berkompetisi di Paris 2024.

Baca juga: Pemerintah Putuskan Tak Berikan Insentif Mobil Hybrid, Toyota Sebut RI Makin Kalah dengan Thailand

Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Henry Tanoto, mengatakan melalui inisiatif Beyond Zero, Toyota berkontribusi terhadap Paris Games 2024 Goal untuk mengurangi setengah emisi karbon dibandingkan event olimpiade sebelumnya.

"Kerjasama dengan Komite Olimpiade dan Paralimpiade Internasional, serta Komite Penyelenggara Olimpiade dan Paralimpiade Paris 2024, Toyota mewujudkan konsep mobilitas inklusif dan berkelanjutan yang bebas emisi untuk memastikan para atlet, staf, media, sukarelawan dan penonton memperoleh kebebasan bergerak dengan aman dan nyaman di sekitar tempat tinggal para atlet dan venue lomba," tutur Henry, Rabu (7/8/2024).

BERITA TERKAIT

Di Olimpiade Paris 2024 dan Paralimpiade Paris 2024, Toyota mendemontrasikan 700 personal dan group mobility products untuk memberikan kemudahan bergerak.

Toyota menyediakan 250 unit C+walkS (duduk) dan C+walkT (berdiri), sebuah Personal Battery Electric Vehicle dengan kecepatan maksimum 6 km/jam untuk mobilitas personal di area terbatas, serta dilengkapi Front Obstacle Detection System memberikan keselamatan bagi pengemudi dan orang di sekitarnya.

Toyota juga menyediakan 200 unit e-puller, kursi roda bertenaga listrik untuk memastikan para atlet memiliki akses yang mudah.

Sekitar 250 unit Accessible People Movers (APM) yang zero emission, dikerahkan untuk mendukung mobilisasi peserta penyandang disabilitas fisik.

Kendaraan listrik ini digunakan sebagai shuttle utama di komplek Atlet Olimpiade dan Paralimpiade serta lokasi pertandingan. Sebanyak 150 unit BEV Toyota Proace Verso yang dapat diakses kursi roda, akan tetap berada di Paris setelah Olimpiade untuk digunakan oleh masyarakat.

Jalankan Multi Pathway Strategy, Toyota membawa 2.674 unit kendaraan penumpang fully electrified ke ibukota Prancis.

Dengan emisi nol, sekitar 60 persen armadanya merupakan BEV Toyota bZ4X, Proace dan Proace Verso dan Lexus RZ, serta Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV) Toyota Mirai yang menggunakan bahan bakar hidrogen yang tentunya zero emission. Bekerja sama dengan Air Liquide, armada Toyota Mirai diisi bahan bakar hidrogen dari sumber terbarukan.

Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy, menyatakan inisiatif Start Your Impossible menggarisbawahi dedikasi Toyota untuk mengembangkan masyarakat yang lebih inklusif, berkelanjutan dan mobile.

"Kami ingin membawa perubahan sosial di masyarakat melalui Dual Hero Project yang menjalin kerjasama dengan para atlet yang perjalanan karirnya merepresentasikan nilai-nilai Start Your Impossible," terang Anton.

Kampanye Start Your Impossible berbagi cerita mengenai transformasi Toyota menjadi perusahaan mobilitas dengan mengisahkan perjalanan hidup dan perjuangan atlet Olimpiade dan Paralimpiade hingga mencapai posisinya saat ini.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas