Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

5 Alasan Mengapa Honda Vario 160 Layak Menjadi Pilihan Anda

jika kamu mencari skuter matic yang unggul di semua aspek tersebut, Honda Vario 160 bisa jadi jawabannya. Dirilis pertama kali pada tahun 2021, Vario

zoom-in 5 Alasan Mengapa Honda Vario 160 Layak Menjadi Pilihan Anda
dok. Zenuar
Peluncuran All New Honda Vario 160 di pabrik Honda di Karawang, Rabu (2/2/2022). 

TRIBUNNEWS.COM - Pasar motor skuter matic saat ini masih dipegang oleh pabrikan Honda. Hal ini membuat Honda terus mengeluarkan inovasi terbaru, salah satunya dengan meluncurkan Honda Vario 160 yang membuat masyarakat terpesona.

Generasi Honda Vario tentunya memiliki perjalanan yang panjang sebagai motor harian di masyarakat. beberapa alasan yang membuat orang tertarik untuk memilih Honda Vario adalah tenaga yang besar, bahan bakar yang irit, hingga fitur yang lengkap.

Generasi Terbaru




Sejarah Honda Vario yang panjang mulai tahun 2006 hingga 2008 yang dikenal sebagai generasi pertama dengan kapasitas mesin 110 cc, kini pada generasi terbarunya Vario 160 hadir dengan mesin dengan kapasitas mesin yang besar yaitu berkapasitas 160 cc.

Perjalanan generasi terbaru memang bergerak sangat cepat, karena jarak waktu antara Vario 150 dengan Vario 160 tidak terlalu jauh.  Hal ini terjadi karena adanya kompetisi dari pabrikan Yamaha yang menjadi rival di Indonesia.

Vario 150 yang baru saja diluncurkan, kini telah dihadirkan Honda Vario keluaran terbaru dengan mesin 160 cc, bahkan mereka menanamkan banyak fitur teknologi jika dibandingkan dengan Vario generasi sebelumnya.

Dengan mesin yang lebih powerfull dan desain yang semakin sporty dan modern sehingga tak heran langsung memikat masyarakat Indonesia. Meski mengalami perubahan besar, harga Vario 160 tentunya masih tergolong mahal jika dibandingkan dengan seri Vario dibawahnya.

BERITA TERKAIT

Nah, jika kamu mencari skuter matic yang unggul di semua aspek tersebut, Honda Vario 160 bisa jadi jawabannya. Dirilis pertama kali pada tahun 2021, Vario 160 menarik perhatian banyak pecinta otomotif.

Ada beberapa alasan kenapa Vario 160 sebagai motor matic yang wajib kamu jadikan motor tunggangan sehari-hari. Agar tidak penasaran berikut beberapa kelebihan yang akan kamu dapatkan dari Honda Vario 160, di antaranya adalah:

Baca juga: Honda Vario 160 Bekas Tahun 2022 Dibanderol Rp 23 Jutaan, Cek Kondisinya Sebelum Beli

1. Kombinasi efisiensi dan performa

Seperti telah disinggung di atas bahwa Honda Vario 160 merupakan rancangan terbaru dengan inovasi mesin yang lebih besar dibandingkan generasi sebelumnya. Dengan mesin kapasitas 160 cc tentunya memberikan performa tenaga yang luar biasa.

Meski demikian Vario 160 ditenagai oleh mesin eSP+ berpendingin cairan, 4 katup, juga memberikan efsiensi dalam pengguna bahan bakar. Teknologi eSP+ ini terkenal dengan kehandalannya karena memberikan performa yang maksimal dan tetap hemat bahan bakar.

Dengan mesin tersebut, Vario 160 mampu menghasilkan tenaga 15,3 PS pada 8.500 rpm dan torsi maksimal 13,8 Nm pada 7.000 rpm, menjadikan akselerasi yang dihasilkan sangat responsif, baik di jalanan mulus maupun padat.

Kelebihan yang dibenamkan dalam dapur pacu Vario 160 juga mencakup teknologi ACG Starter dan Idling Stop System (ISS) yang ditambahkan pada Vario 160. Hasilnya konsumsi bahan bakar yang dihasilkan menjadi lebih irit dan sesuai dengan brand Honda yang hemat bahan bakar.

Berdasarkan hasil uji internal Honda, Vario 160 mampu mencapai konsumsi bahan bakar hingga 46,9 km/liter (sistem WMTC). Dengan hasil uji tersebut, maka kamu bisa menempuh jarak jauh tanpa harus bolak-balik ke SPBU.

2. Desain modern dan sporty

Berbicara tentang tampilan tentunya tak bisa diabaikan oleh pabrikan. Karena pandangan pertama konsumen terhadap produk otomotif terletak pada desain yang ditampilkan. Semakin menarik desain, maka semakin penasaran konsumen terhadap spesifikasi dari motor yang ditawarkan.

Dengan pertimbangan seperti itu, maka pabrikan Honda pun mendesain Vario 160 dengan tampilan yang modern dan sporty. Untuk kamu yang memiliki jiwa muda yang penuh semangat maka Vario 160 bisa menjadi motor harian kamu.

Desainnya yang dirancang modern dan sporty dengan garis-garis tajam dan sudut yang mencolok membuat Vario 160 tampil baru dan berbeda dari skuter matik lainnya. Selain itu, dengan pilihan warna yang menarik seperti Sporty Red dan Absolute Black membuat kamu semakin percaya diri saat mengendarainya.

Honda Vario 160 menggunakan pencahayaan dan indikator yang menghadap ke depan. Lampu depan LED ini tidak hanya memberikan penerangan yang lebih terang saat berkendara di malam hari, tetapi juga lebih hemat dibandingkan bohlam biasa. Jadi kamu tidak perlu khawatir baterai terkuras saat berkendara jarak jauh.

3. Fitur lengkap dan canggih

Sebagai motor yang lahir pada era digital tentunya Honda menginginkan motornya hadir dengan memberikan fitur-fitur yang lengkap dan canggih. Sehingga Vario 160 lahir dengan fitur modern dan inovasi terbaru.

Bukan sekedar memperhatikan kekuatan dapur pacu dan desain saja. Namun juga dilengkapi dengan fitur-fitur canggih yang membuat berkendara semakin nyaman dan aman. Beberapa fitur andalan Vario 160 antara lain:

Smart key system

Fitur sistem kunci cerdas ini memungkinkan kamu menghidupkan sepeda motor tanpa memerlukan kunci kontak. Cukup masukkan smart key kamu dan Vario 160 dapat langsung menyala, fitur sudah tidak menggunakan anak kunci lagi.

Anti-Lock Braking System (ABS)

Fitur anti-lock braking system (ABS) merupakan fitur baru yang telah banyak digunakan oleh kendaraan dengan kelas tertinggi. Fitur ABS ini sangat penting untuk keselamatan berkendara. Dengan fitur ABS, maka sistem pengereman akan dikendalikan melalui sensor.

Cara kerjanya ketika kamu melakukan pengereman, maka sistem ABS yang memiliki sensor rem pada kedua rodanya mengirimkan data kecepatan roda tersebut, kemudian sistem memastikan roda berkecepatan yang lebih tinggi terlebih dahulu untuk melakukan pengereman.

USB Charger

Di era digital saat ini, memiliki USB charger di kendaraan roda dua sangatlah penting. Dengan pengisi daya USB internal Vario 160, maka kamu tidak perlu khawatir kehabisan baterai untuk mengisi daya baterai atau peralatan lainnya.

Bagasi Lebar

Untuk kamu yang membawa banyak barang, bagasi Vario 160 berkapasitas 18 liter akan sangat berguna. Helm lengkap dan barang bawaan lainnya dapat disimpan di bagasi. Selain itu, terdapat lampu LED pada bagian bagasi sehingga memudahkan kamu mencari barang di malam hari.

4. Handling lincah dan suspensi nyaman

Berkendara di jalanan perkotaan yang ramai biasanya membutuhkan sepeda motor matic dan nyaman. Vario 160 menggunakan eSAF (Juga Smart Frame) yang ringan dan tangguh.

Rangka ini menciptakan pengendalian yang mulus dan stabil saat bermanuver di jalan sempit. Suspensi depan teleskopik dan suspensi belakang Vario 160 juga memberikan kenyamanan saat melintasi jalanan kasar.

Dipadukan dengan jok empuk dan posisi berkendara yang ergonomis, pengendara merasa nyaman saat berkendara jauh.

5. Harganya murah

Dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan, Honda Vario 160 ditawarkan dengan harga terjangkau, mulai dari Rp 25.840.000 untuk model CBS dan Rp 28.560.000 untuk model ABS.

Harga tersebut sebanding dengan kualitas dan fitur yang ditawarkan Vario 160, belum lagi Honda terkenal dengan nilai jual kembali yang tinggi. Artinya, kamu tidak perlu khawatir rugi jika ingin menjual Vario 160 di kemudian hari.

Baca juga: Matte Blue dan Striping Baru Lengkapi Pilihan Warna Honda Vario 160 Tahun 2024

Admin: Sponsored Content
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas