Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Arti Plat SCV 1 Pada Kijang Innova Zenix Hybrid yang Paus Fransiskus Pakai Selama Kunjungi Indonesia

Paus Fransiskus memilih Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid sebagai kendaraan yang akan menunjang mobilitasnya selama berkunjung ke Indonesia

Penulis: Lita Febriani
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Arti Plat SCV 1 Pada Kijang Innova Zenix Hybrid yang Paus Fransiskus Pakai Selama Kunjungi Indonesia
Screenshot
Tangkapan layar YouTube Komsos Keuskupan Agung Semarang. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Paus Fransiskus memilih Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid sebagai kendaraan yang akan menunjang mobilitasnya selama berkunjung ke Indonesia pada 3-6 September 2024.

Mobil dengan cat berwarna putih tersebut cukup menarik, tepatnya pada bagian platnya. Kijang Innova tersebut menggunakan plat bertuliskan SCV 1. Plat ini tentu tidak umum di jalanan Indonesia.

Lalu, apa arti dari plat SCV 1 yang digunakan Paus Fransiskus di mobil berkelir putih tersebut?

Baca juga: Kesederhanaan Paus Fransiskus: Tak Pakai Jet Pribadi, Gunakan Mobil Toyota, Ogah Tidur di Hotel

Menurut Portal Informasi Indonesia milik Kementerian Komunikasi dan Informatikan (Kemenkominfo), SCV sendiri adalah singkatan dari Status Civitatis Vaticanae atau bisa diartikan sebagai Negara Kota Vatikan.

Sementara angka 1 bisa diartikan sebagai pemimpin atau orang penting, seperti pada mobil Presiden Joko Widodo yang menggunakan angka satu pada mobil berplat RI 1.

Cukup menariknya, Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid dipilih oleh Paus, ketimbang mobil mewah dengan fitur keamanan tingkat tinggi layaknya para pemimpin negara.

BERITA TERKAIT

Saat tiba di Indonesia, Paus Fransiskus duduk di bagian penumpang depan saat menuju Kedutaan Besar Vatikan di Indonesia.

Bagian depan Innova Zenix Hybrid menyajikan dashboard berdesain mewah, serta memadukan material kabin berkualitas tinggi, bahan kulit sintetis dan ornamen panel yang menarik.

Baca juga: Paus Fransiskus akan Kunjungi Masjid Istiqlal Kamis, Persiapan Sudah Dilakukan Sejak Bulan Lalu

Pada baris kedua, mobil ini juga menawarkan akomodasi yang nyaman berkat pilihan jok captain seat, ditambah dua layar berukuran 10 inci untuk dengan koneksi smartphone.

Jantung pacu Kijang Innova Zenix Hybrid berasal dari mesin berkode M20A-FSX, kubikasi 1.987 cc berteknologi Dual VVT-i yang mampu menghasilkan tenaga 152 PS dan torsi puncak 187 Nm. Dipadukan dengan motor elektriknya mampu menghasilkan tenaga 113 PS dan torsi puncak 206 Nm.

Sebagai informasi, kunjungan Paus Fransiskus kali ini menjadi yang pertama, sebelumnya kunjungan Paus ke Indonesia terjadi saat kunjungan Paus Paulus VI pada tahun 1970 dan Paus Yohanes Paulus II pada tahun 1989.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas