Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mau Masa Muda Bahagia dan Tua Bebas Merdeka? Yuk, Siapkan Dana Pensiun

Perencanaan jangka panjang agar terdapat keseimbangan antara hidup masa kini dan masa depan penting untuk dilakukan.

Penulis: Fathia
Editor: Sheila Respati
zoom-in Mau Masa Muda Bahagia dan Tua Bebas Merdeka? Yuk, Siapkan Dana Pensiun
Dana Pensiun bisa membuat kita muda bahagia dan tua bebas merdeka. 

Parapuan.co – Banyak orang mengatakan bahwa masa muda hanya terjadi satu kali.  Untuk itu, masa muda perlu dimanfaatkan sebaik mungkin agar tidak disesali di kemudian hari.

Meski sibuk mengejar impian dan kebahagiaan, perencanaan jangka panjang agar terdapat keseimbangan antara hidup masa kini dan masa depan penting untuk dilakukan. 

Lantas, bagaimana caranya agar seseorang bisa menikmati hidup saat ini tanpa mengorbankan masa depan?

Langkah ini dibahas dalam webinar Parapuan, Nova, dan MSIG Life pada Jumat (9/8/2024) dengan tema Muda Bahagia, Tua Bebas Merdeka: Dana Pensiun Rahasianya.

Pada webinar tersebut, perencana keuangan Dyah Lestari Agustini CFP membeberkan trik agar masa muda bisa dijalani dengan bahagia dan masa tua bebas merdeka. Salah satunya, dengan mempersiapkan dana pensiun.

Dana pensiun adalah sejumlah uang yang disisihkan atau diinvestasikan selama masa kerja untuk memastikan bahwa seseorang memiliki sumber daya keuangan yang cukup setelah memasuki masa pensiun.

BERITA TERKAIT

Baca Juga: Selain Bank, Ini Lembaga Penerbit DPLK untuk Bekal Pensiun Bebas Merdeka

Tujuan utamanya adalah untuk menyediakan pendapatan yang stabil dan memadai untuk memenuhi kebutuhan hidup setelah seseorang berhenti bekerja. 

Untuk menyiapkan dana pensiun, Dyah mengatakan bahwa seseorang perlu mengetahui terlebih dahulu tentang financial self awareness (kesadaran tentang keuangan), financial check up (mengecek kondisi keuangan), dan memahami empat pondasi keuangan. Berikut penjelasannya.

  1. Kesadaran tentang keuangan

Ini berhubungan dengan mindset tentang uang. Kawan Puan  perlu mengevaluasi pandangan terhadap uang, apakah sebagai pemenuhan kebutuhan hidup atau juga untuk kehidupan di masa tua. 

Selanjutnya, apa saja sumber uang Kawan Puan dan bagaimana cara mendapatkannya. Pertanyaan-pertanyaan tersebut harus terjawab sebelum berinvestasi untuk dana pensiun.

  1. Kondisi keuangan

Setelah mengetahui apa makna uang dalam hidup, cek kondisi keuangan yang dimiliki. Periksa penghasilan yang didapat setiap bulan, jumlah aset yang dimiliki, hingga utang yang masih perlu dibayar.

Baca Juga: Rencana Persiapan Dana Pensiun di Usia 30-an, Berapa yang Harus Disisihkan?

  1. Pahami pondasi keuangan
Halaman
123
Sumber: Parapuan
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas