Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Romo Magnis: Jangan Pilih Capres yang 'Tangannya Berlumur Darah'

Franz Magnis Suseno, mengimbau masyarakat agar tidak sekadar memilih "orang kuat" dalam Pilpres.

zoom-in Romo Magnis: Jangan Pilih Capres yang 'Tangannya Berlumur Darah'
/TRIBUN MEDAN/TAUFAN WIJAYA
Franz Magnis Suseno dalam diskusi panel Politik Identitas dalam pameran dan rangkaian seminar bertajuk Ini Medan Demokrasi Bung di Gelanggang Remaja Universitas Sumatera Utara, Medan, Rabu (25/5). Acara ini berlangsung 24-27 Mei 2011. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Nurmulia Rekso Purnomo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pakar etika politik dan tokoh Katolik Franz Magnis Suseno, mengimbau masyarakat agar tidak sekadar memilih "orang kuat" dalam Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 9 Juli 2014.

Pasalnya, menurut Romo Magnis, seluruh persoalan Indonesia cukup pelik dan tak bakal terselesaikan oleh tokoh yang hanya dikenal sebagai "orang kuat".

Ia mengatakan, Indonesia harus dipimpin oleh orang yang berani untuk bekerja keras membenahi segala kebobrokan.

Hal tersebut, ia utarakan dalam diskusi "Mengarahkan Haluan Politik Indonesia Pasca-Reformasi" di kantor Maarif Institute, Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (4/3/2014).

"Jangan (asal) memilih 'orang dengan tangan kuat'. Saya mengharapkan orang yang membersihkan kandang yang sudah kotor, kita (dulu) punya Suharto," ujarnya.

Pemimpin baru itu, menurut Romo Magnis harus seseorang Pancasilais, yang bisa berdiri di atas kepentingan semua golongan.

BERITA TERKAIT

"Tangannya tidak boleh ada darah, itu syarat minimum orang yang akan saya pilih," tambahnya.

Romo dalam kesempatan itu juga mengatakan, Indonesia sekarang mengalami permasalahan kepemimpinan.

Belum lagi ditambah merajalelanya praktik korupsi, yang menggerogoti moral bangsa, dan meningkatkan ketidakpercayaan terhadap institusi negara.

Romo Magnis, juga menyebutkan partai politik di Indonesia saat ini tidak bisa dipercaya. Begitu pula calon anggota legislatif, yang sebagian besar pernah menjabat di DPR periode ini.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas