Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mahfud MD Enggan Tanggapi Video Pidato Hashim kalau rabowo Pro-Amerika

"Itu nilai sendiri saja. Sudah memancing itu ya," kata Mahfud di Rumah Polonia, Jakarta Timur, Selasa (3/6/2014).

Penulis: Muhammad Zulfikar
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Mahfud MD Enggan Tanggapi Video Pidato Hashim kalau rabowo Pro-Amerika
Tribunnews/Herudin
Salah satu bakal capres dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Mahfud MD usai bertemu Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh, di Kantor Pusat Partai Nasdem, Gondangdia, Jakarta Pusat, Rabu (30/4/2014). Pertemuan ini sebagai silaturahmi kawan lama dan juga membicarakan situasi politik Indonesia terkini. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, M Zulfikar

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Ketua tim pemenangan calon presiden dan calon wakil presiden Prabowo Subianto-Hatta Rajasa, Mahfud MD enggan menanggapi video pidato Hashim Djojohadikusumo yang menyebut sang kakak pro-Amerika Serikat. Pidato Hashim itu ramai beredar di sosial media.

"Itu nilai sendiri saja. Sudah memancing itu ya," kata Mahfud di Rumah Polonia, Jakarta Timur, Selasa (3/6/2014).

Sebelumnya diberitakan, video pidato Hashim terus beredar di sosial media melalui Facebook, Twitter, dan YouTube. Juga tersebar luas melalui jaringan pesan berantai BlackBerry Mesengger maupun Whatsapp.

Di Facebook, salah satu postingan diberi judul "Heboh, Terkuak Antek Asing yang Sesungguhnya".

Pukul 09.08 WIB, postingan ini mendapatkan 1.483 like dan di-share 4.450. Di Facebook, video yang sudah dipotong itu berdurasi 1.03 menit

Menurut keterangan salah satu postingan di YouTube yang dipublikasikan pada 1 Juni 2014, video itu sebenarnya sudah lama.

BERITA TERKAIT

Berikut keterangannya:

"Pada tanggal 14 October 2013, GerindraTV, meluncurkan video yang berjudul 'Hashim Djojohadikusumo Memaparkan Visi Partai Gerindra'. Video ini merupakan rekaman pidato Hashim di acara USINDO Washington Special Open Forum Luncheon yang berlangsung di Washington DC pada tanggal 17 Juli 2013 lalu."

Usindo adalah kependekan dari The United States – Indonesia Society, forum lobi kalangan pengusaha, yayasan, dan individu dalam mengembangkan hubungan Indonesia-Amerika Serikat.

Usindo berkantor pusat di Washington DC, Amerika Serikat.

Pada video yang diposting di Facebook, terdapat keterangan "Hashim Djojohadikusumo - Adik Prabowo Subianto - Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Washington DC -2013.

Pidato Hashim berbahasa Inggris itu diterjemahkan sebagai berikut:

Bapak dan ibu sekalian, Prabowo Subianto lulus, mungkin hanya satu-satunya kandidat, mungkin juga Gita, yang lulus dari sekolah di Amerika.

Ok, jadi Gita, yang juga akan mencalonkan diri menjadi Presiden, Prabowo adalah kandidat lain yang lulus sekolah di Amerika.

Jadi, Prabowo adalah seseorang yang sangat pro Amerika, dia sekolah SMA di Amerika, sekolah sebelum SMA juga Amerika.

Dia mengambil sekolah komando pasukan khusus di Fort Benning, Fort Bragg. Saya juga pro Amerika. Sampai beberapa saat yang lalu, saya seorang investor di California, investor besar, bisnis minyak.

Jadi, ya, Amerika Serikat akan menjadi partner yang mendapat perlakuan khusus di dalam pemerintahan yang dipimpin oleh Partai Gerindra.

Dalam bahasa Inggris, Hashim meyakinkan peserta forum dengan mengatakan: "Prabowo is very pro American. He is been to American high school. He is been to American great school. He is been going to American school all his life. He went to special forces, he was in Fort Benning, he was in Fort Bragg."

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas