Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Seknas Jokowi Kerahkan Relawan Jadi Saksi di 17 Ribu TPS DKI

Peran relawan sebagai saksi dinilai penting untuk mengantisipasi terjadinya kecurangan serta mengamankan suara Jokowi-JK di Pilpres 2014

Penulis: Ferdinand Waskita
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Seknas Jokowi Kerahkan Relawan Jadi Saksi di 17 Ribu TPS DKI
BANGKA POS/RESHA JUHARI
Pekerja melipat surat suara Pemilihan Presiden 2014 di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pangkalpinang, Jalan Girimaya Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitug, Rabu (25/6/2014). KPU Kota Pangkalpinang mulai melakukan proses pelipatan surat suara sebanyak 139.274 agar siap digunakan dan didistribusikan untuk Pemilu Pilpres 2014 pada 9 Juli mendatang. BANGKA POS/RESHA JUHARI 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ferdinand Waskita

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Sekretariat Nasional (Seknas) Jokowi mengerahkan relawannya menjadi saksi di sekitar 17 ribu Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di DKI Jakarta. Peran relawan sebagai saksi dinilai  penting untuk mengantisipasi terjadinya kecurangan serta mengamankan suara Jokowi-JK di Pilpres 2014.

Kepala Divisi Pengkajian Seknas Jokowi, Hilmar Farid Setiadi menjelaskan pentingnya posisi saksi dalam Pilpres 2014. Untuk itu, Relawan Seknas Jokowi mendapatkan pembekalan atau pelatihan saksi bertajuk "Hanya Kecurangan yang Dapat Mengalahkan Jokowi-JK". Kegiatan itu berlangsung, di Jakarta, kemarin. Tidak hanya pembekalan teknis prosedur pilpres di tingkat TPS, para relawan juga diberi petunjuk peran mereka dalam pengawasan kecurangan dan pelaporannya.

“Saksi merupakan bagian penting dan strategis guna kelancaran pelaksanaan Pilpres. Selain itu, keberadaannya juga sangat berarti dalam mewujudkan proses demokrasi yang jujur, adil dan transparan. Karena itu kita adakan pelatihan saksi ini agar para relawan bisa memahami posisinya sebagai saksi, yang akan mengikukti proses pemilihan presiden ditingkat TPS,” ujar Hilmar Farid dalam keterangannya, Sabtu (5/7/2014).

Seknas Jokowi, kata Hilmar, meminta kepada para relawan peserta pembekalan saksi bisa mengajak sebanyak 10 orang untuk direkrut menjadi saksi. Dengan demikiandi setiap TPS akan ada sekitar 10 orang yang memantau sehingga kemungkinan terjadinya kecurangan bisa diminimalisir.

"Dengan jumlah 17.000 lebih TPS di DKI Jakarta, maka kebutuhan relawan untuk menjadi saksi di TPS minimal sebanyak 170.000 orang. Dalam waktu seminggu ini, jumlah kebutuhan saksi itu akan kita penuhi," ujar Hilmar.

Hilmar juga berharap para relawan pendukung Jokowi bisa menenangkan diri dan tidak terpancing provokasi saat memasuki masa tenang.

BERITA TERKAIT

Masa tenang, katanya, sebaiknya digunakan para relawan  untuk menjaga dukungan warga kepada Jokowi-JK di wilayahnya masing-masing agar tidak berpaling ke capres lain.

“Suasana tenang ini harus dijaga supaya para relawan tidak mudah terpancing jika ada provokasi dari pihak lain yang akan memperkeruh keadaan, sehingga akan mencederai proses demokrasi dalam Pilpres 2014 ini,” jelas Hilmar Farid.  

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas