Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Poros Maritim Dunia Dibentuk Berdasar Kedaulatan Politik dan Hankam

Untuk membentuk poros maritim dunia harus didasari pada kedaulatan politik, pertahanan dan keamanan yang baik.

Editor: Y Gustaman
zoom-in Poros Maritim Dunia Dibentuk Berdasar Kedaulatan Politik dan Hankam
Tribunnews.com/Achmad Rafiq
Ketua Institut Keamanan dan Keselamatan Maritim Indonesia (IK2MI) Laksamada Madya TNI (Purn) Y Didik Heru Purnomo 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Achmad Rafiq

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Institut Keamanan dan Keselamatan Maritim Indonesia (IK2MI) Laksamada Madya TNI (Purn) Y Didik Heru Purnomo mengatakan, untuk membentuk poros maritim dunia harus didasari pada kedaulatan politik, pertahanan dan keamanan yang baik.

"Kedaulatan politik dan hankam ibarat satu sisi mata uang yang tidak dapat dipisahkan. Penegakan hukum di laut terkait masalah kedaulatan dan keamanan, adalah bentuk negara kedaulatan politik di laut yang merupakan kedaulatan maritim juga," urai Didik saat ditemui Tribunnews.com di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, Senin (25/8/2014).

Menurutnya, penegakan kedaulatan di bidang pertahanan dan keamanan ada dua titik pokok persoalan untuk meningkatkan maritim, yakni organisasi penegak pertahanan dan keamanan dan perundang-undangan yang ada.

Untuk menjadi poros maritim dunia, lanjut Didik, harus memberikan rasa kepastian dan perlindungan keamanan bagi seluruh aktifitas yang masyarakat yang melintas di laut yurisdiksi Indonesia.

"Saat ini TNI hanya satu-satunya alat untuk penegakan kedaulatan. Sedangkan Penegak hukum lainnya, semua menurut pada undang-undang yang ada saja," kata Didik.

Mantan Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Wakasal) ini menambahkan, hal itulah yang membuat banyak instansi dari badan penegak hukum melakukan kegiatan-kegiatan ilegal.

BERITA TERKAIT

Pada akhirnya, kedaulatan politik di bidang pertahanan dan keamanan memerlukan peran pemerintah yang fokus pada penguatan penegak hukum yang berkomitmen terhadap jati diri negara kepulauan. Agar Indonesia dapat menjadi negara maritim yang terintegrasi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas