Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Masih Ada 150.000 Ruang Kelas yang Rusak Berat

Mendikbud mengatakan pihaknya akan menggandeng sejumlah pihak seperti perguruan tinggi untuk merenovasi gadung sekolah yang rusak.

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Masih Ada 150.000 Ruang Kelas yang Rusak Berat
youtube
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI, Muhadjir Effendy 

Laporan Wartawan TRIBUNnews.com, Nurmulia Rekso Purnomo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Di Indonesia masih ada sekitar 150 ribu ruang kelas di 52.000 sekolah yang saat ini kondisinya rusak berat dan membutuhkan perhatian serius pemerintah.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan, fakta tersebut merupakan salah satu prioritas yang akan ditangani kementeriannya sepanjang tahun 2017 ini.

Kepada wartawan usai menggelar rapat kordinasi dengan Menteri Kordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Puan Maharani di kantor Kementerian Kordinator PMK, Jakata Pusat, Senin (16/1/2017), Mendikbud mengatakan pihaknya akan menggandeng sejumlah pihak untuk menyelesaikan permasalahan gadung sekolah bobrok.

"Dari pihak sekolah tidak perlu bikin prpposal dan sebagainya. Tim langsung turun ke bawah, dan bekerjasama dengan perguruan tinggi yang punya (jurusan) teknik sipil, politeknik dan sekolah vokasi bangunan," katanya.

Mendikbud mengakui, jika perbaikan gedung sekolah yang rusak harus melalui prosedur resmi seperti pengajuan proposal, akan memakan waktu lama sehingga sangat merugikan bagi peserta didik.

Lembaga-lembaga yang akan diajak kerjasama itu menurut Muhadjir Effendy bisa diajak untuk sama-sama membangun gedung sekolah yang bobrok, atau ikut mengawasi proses pembangunan agar hasil revitalisasinya bisa memuaskan bagi semua pihak.

BERITA TERKAIT

"Kita juga akan bekerjasama dengan pemerintah kabupaten dan kota," ujar Mendikbud.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas