Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

SMAN 13 Medan Apresiasi Juknis Kemendikbud Soal Penggunaan Dana BOS di Tengah Pandemi Covid-19

Kemendikbud memperbolehkan satuan pendidikan menggunakan dana BOS untuk pembelian pulsa atau paket data bagi pendidik dan peserta didik

SMAN 13 Medan Apresiasi Juknis Kemendikbud Soal Penggunaan Dana BOS di Tengah Pandemi Covid-19
Internet
Ilustrasi dana BOS 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, MEDAN - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah mengeluarkan penyesuaian petunjuk teknis (juknis) penggunaan BOS Reguler yang diatur melalui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 19 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Permendikbud Nomor 8 Tahun 2020 tentang Juknis BOS Reguler.

Dalam juknis tersebut, Kemendikbud memperbolehkan satuan pendidikan menggunakan dana BOS untuk pembelian pulsa atau paket data bagi pendidik dan peserta didik.

Baca: Juknis BOS Kemendikbud Dinilai Sangat Membantu di Tengah Pandemi Covid-19

Selain itu, dana BOS juga dapat digunakan untuk pembelian cairan atau sabun pembersih tangan, cairan pembasmi kuman (disinfektan), masker, maupun penunjang kebersihan lainnya.

Menanggapi juknis tersebut, Kepala Sekolah SMAN 13 Medan Mukhlis menilai kebijakan ini sangat baik karena dapat digunakan untuk membantu guru dan siswa dalam proses belajar mengajar dari jarak jauh.

Selama ini SMAN 13 Medan melakukan belajar daring menggunakan aplikasi Google Classroom.

"Saya pikir cukup bagus karena paket data itu bisa diberikan ke guru, juga bisa diberikan ke siswa terutama siswa yang tidak mampu. Saya pikir cukup bagus karena bisa dibayar untuk guru honorer kemudian bisa dipakai untuk pegawai honorer," ucap Mukhlis.

Mukhlis menilai kebijakan ini juga sangat efektif untuk membantu sekolah dalam langkah pencegahan penyebaran virus corona di lingkungan sekolah.

"Kemudian keperluan-keperluan seperti alat kebersihan, cairan untuk Covid-19. Dengan situasi sekarang ini lebih baik," tutur Mukhlis.

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas