Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Rencana Pembukaan Sekolah, Komisi X: Apakah Kita Yakin Juli akan Selesai Wabah Ini?

Fikri meminta, langkah pemerintah yang saat ini perlu dilakukan yaitu mengevaluasi kebijakan PSBB yang belakangan mulai dikendorkan.

Rencana Pembukaan Sekolah, Komisi X: Apakah Kita Yakin Juli akan Selesai Wabah Ini?
HERUDIN/HERUDIN
Suasana warga melintas di Jalan MH Thamrin Jakarta, Rabu (13/5/2020). Pemprov DKI Jakarta mulai menerapkan sanksi kepada warga yang melanggar penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) mulai dari aturan berkendara hingga pemakaian masker di luar rumah. Sanski tersebut berupa teguran hingga denda uang. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Abdul Fikri Faqih mempertanyakan rencana pemerintah membuka kembali sekolah pada Juli 2020.

"Kita semua ingin kembali normal, tapi apakah ada jaminan risiko pandemi tidak akan muncul kembali sebagai gelombang kedua?" kata Fikri dalam keterangannya, Jakarta, Minggu (17/5/2020).

Politisi PKS itu meminta kejelasan soal kondisi Pandemi Covid-19 yang di Indonesia sudah berjalan dua bulan lebih terhitung sejak tanggal 2 Maret, saat pasien pertama terkonfirmasi positif virus SARS-Cov-2.

"Apakah sudah ada tanda-tanda kurva pandemi mencapai puncak, karena setelah lewat puncak, baru mulai menurun grafiknya," ucap Fikri.

Baca: Manfaat Semangka, Kandungannya Bisa Cegah Kanker dan Turunkan Tekanan Darah

Menurutnya, perhitungan ahli epidemiologi, setiap periode wabah atau pandemi akan selalu membentuk kurva, di mana ada fase menanjak, kemudian mencapai puncak, dan akhirnya menurun.

"Harapannya adalah kurva berbentuk melandai, artinya puncak wabah tidak terlalu tinggi atau jumlah korban tidak terlalu besar," imbuh Fikri.

Fikri meminta, langkah pemerintah yang saat ini perlu dilakukan yaitu mengevaluasi kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang belakangan mulai dikendorkan.

"Kita lihat sekarang ada pembukaan transportasi umum, di bandara penumpang menumpuk, masyarakat mulai memadati mall jelang lebaran, apakah kita yakin Juli akan selesai wabah ini, atau malah meningkat lagi?" ujarnya.

Fikri menegaskan, apabila ingin wabah cepat selesai, anak-anak kembali ke sekolah secara normal, maka semua pihak harus mematuhi PSBB.

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Dewi Agustina
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas