Tribun

Pendidikan Seni dan Budaya Harus selalu Inovatif Supaya Relevan

Sehubungan dengan pandemi Covid-19, rencana awal untuk melakukan program pertukaran ini secara fisik harus dipindahkan menjadi program online

Pendidikan Seni dan Budaya Harus selalu Inovatif Supaya Relevan
ist
Dalam sesi animasi stop motion, unsur teknologi dan media digabung dengan elemen budaya tradisional yaitu gamelan. Siswa dapat mempelajari warisan budaya dengan cara baru. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Seni dan budaya sangatlah penting untuk keseluruhan kualitas hidup masyarakat.

Seni dan budaya juga bisa menjadi aset berharga dari sebuah bangsa.

Kepala Tim Hubungan Internasional Korea Arts and Culture Education Services (KACES), Serin Kim Hong mengatakan, pendidikan seni dan budaya harus selalu inovatif supaya relevan.

"Dengan begiitu akan semakin banyak yang  bisa dinikmati oleh masyarakat luas," katanya saat penutupan Made In Cirebon secara virtual belum lama ini.

Dikatakannya, akan sangat menarik melihat kemungkinan konten pendidikan seni dan budaya yang bisa dikembangkan dari kota yang sangat multikultural dan memilki akar tradisi yang kuat.

Acara Made in Cirebon ini telah berjalan sejak Mei hingga September 2020. Upaya kolaboratif ini merupakan tahun pertama yang melibatkan pemerintah, seniman dan sekolah.

Baca: Bamsoet Bersama PARFI Salurkan Bantuan kepada Pekerja Seni

Dalam proyek ini KACES bekerja sama dengan ARCOLABS (Center for Art and Community Management), yang berfungsi sebagai mitra yang mengorganisir dan mengeksekusi proyek ini.

Sehubungan dengan pandemi Covid-19, rencana awal untuk melakukan program pertukaran ini secara fisik harus dipindahkan menjadi program online.

Direktur ARCOLABS, Jeong Ok Jeon melihat ini sebagai tantangan untuk metode kolaborasi baru. Baginya hal ini menjadi pertama kalinya bekerja dengan orang-orang dan mitra baru yang ditemui melalui layar virtual.

"Tetapi kami pun belajar bahwa dalam keterbatasan. Ternyata program ini bisa tetap berjalan lancar dan efektif,” ujar Jeon.

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: Eko Sutriyanto
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas