Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Apa Itu Seni Rupa Daerah? Berikut Ciri, Fungsi dan Contohnya

Simak inilah pembahasan mengenai materi seni rupa daerah, lengkap beserta ciri, fungsi dan contohnya.

Penulis: Lanny Latifah
Editor: Daryono
zoom-in Apa Itu Seni Rupa Daerah? Berikut Ciri, Fungsi dan Contohnya
Tribun Jabar/Gani Kurniawan
Sudar (40) mengukir kayu mahoni di Dapur Seni Safari Sunda, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (18/11/2020). Berikut ini pembahasan mengenai materi seni rupa daerah, lengkap beserta ciri, fungsi dan contohnya. 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut ini pembahasan mengenai seni rupa daerah, lengkap beserta ciri, fungsi dan contohnya.

Seni rupa daerah dapat disebut juga sebagai seni rupa tradisional, karena dikerjakan secara turun-temurun di suatu daerah.

Menurut Nuari dalam buku Seni Budaya (2017), seni rupa diartikan sebagai hasil ciptaan kualitas, ekspresi atau alam keindahan yang lebih dari aslinya serta klasifikasi objek-objek terhadap poin-poin tertentu yang diciptakan menjadi suatu struktur sehingga dapat dinikmati menggunakan indera mata dan peraba.

Sementara itu, menurut Pekerti dalam buku Metode Pengembangan Seni (2018), seni rupa juga dapat diartikan sebagai konsep atau bentuk yang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan fungsi ekspresi dan fungsi terapan (pakai dan hias) melalui berbagai medium dalam wujud dua dimensi, tiga dimensi, atau multidimensi yang dapat diterima melalui indera oleh masyarakat.

Baca juga: Apa Itu ASEAN? Berikut Pengertian, Sejarah, Anggota, Tujuan, Prinsip Dasar, dan Bentuk Kerja Sama

Baca juga: Apa Itu Gravitasi? Berikut Manfaat Gravitasi bagi Kehidupan di Bumi

Ciri-ciri Karya Seni Rupa Daerah

Dikutip dari Kompas.com, menurut Iwan Kuswidi dan Munnal Hani'ah dalam Tokcer Lolos Penilaian Ulangan Harian Kelas V SD/MI (2019), karya seni rupa daerah memiliki enam ciri-ciri, yakni:

1. Karya seni rupa daerah bersifat kedaerahan

BERITA TERKAIT

2. Karya seni rupa daerah dipengaruhi oleh budaya serta sejarah suatu daerah

3. Corak dalam karya seni rupa daerah dipengaruhi oleh kondisi geografis suatu daerah serta corak seni tradisional di masyarakat

4. Umumnya corak yang digunakan mengandung unsur atau makna tertentu

5. Umumnya dibuat dari bahan alam yang bisa didapat daerah sekitarnya

6. Sering digunakan dalam upacara adat, maupun dalam kehidupan sehari-hari.

Pengunjung saat melihat-lihat pameran seni rupa InterCov-19 dengan mengangkat tema Creative Freedom to The Heal the Nation (Artists Respond To Pandemic) di Perpustakaan Nasional, Jakarta Pusat, Kamis (15/10/2020). Pameran ini diikuti kurang lebih 200 karya seni meliputi hasil seni lukis, seni grafis, dan seni patung, foto digital dan lain-lain. Pameran ini merupakan bentuk dukungan Perpusnas untuk mendukung langkah seniman agar kembali bangkit akibat terdampak pandemi virus corona (Covid-19) dengan tetap menghasilkan suatu karya yang memberikan pesan moral positif. Tribunnews/Jeprima
Pengunjung saat melihat-lihat pameran seni rupa InterCov-19 dengan mengangkat tema Creative Freedom to The Heal the Nation (Artists Respond To Pandemic) di Perpustakaan Nasional, Jakarta Pusat, Kamis (15/10/2020). Pameran ini diikuti kurang lebih 200 karya seni meliputi hasil seni lukis, seni grafis, dan seni patung, foto digital dan lain-lain. Pameran ini merupakan bentuk dukungan Perpusnas untuk mendukung langkah seniman agar kembali bangkit akibat terdampak pandemi virus corona (Covid-19) dengan tetap menghasilkan suatu karya yang memberikan pesan moral positif. Tribunnews/Jeprima (Tribunnews/JEPRIMA)

Fungsi Karya Seni Rupa Daerah

Terdapat dua fungsi karya seni rupa daerah, yakni fungsi individual dan fungsi sosial, sebagai berikut:

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas