Tribun

Pendidikan

Mengenal Alat Musik Kolintang: Kesenian Tradisional Minahasa yang Mendunia

Berikut ini adalah cara memainkan alat musik Kolintang, Sejarah kolintang, dan jenis alat musik kolintang yang berasal dari Provinsi Sulawesi Utara.

Penulis: Kristina Wulandari
Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
Mengenal Alat Musik Kolintang: Kesenian Tradisional Minahasa yang Mendunia
Direktorat Jendral Kekayaan Negara- Kemenkeu
Berikut ini adalah cara memainkan alat musik Kolintang, Sejarah kolintang, dan jenis alat musik kolintang yang berasal dari Provinsi Sulawesi Utara. 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut ini adalah cara memainkan alat musik Kolintang, Sejarah kolintang, dan jenis alat musik kolintang yang berasal dari Provinsi Sulawesi Utara.

Kolintang adalah salah satu alat musik tradisional masyarakat Minahasa di Sulawesi Utara.

Alat musik ini terbuat dari kayu khusus yang disusun dan dimainkan dengan cara dipukul.

Dikutip dari situs resmi Kemdikbud, kayu yang dipakai untuk membuat Kolintang adalah kayu lokal yang ringan namun kuat seperti kayu Telur (Alstonia sp), kayu Wenuang (Octomeles Sumatrana Miq), kayu Cempaka (Elmerrillia Tsiampaca), kayu Waru (Hibiscus Tiliaceus), dan sejenisnya yang mempunyai konstruksi serat paralel.

Baca juga: Mengenal Wayang Kulit dan Ragam Jenis Wayang di Indonesia: Seni Tradisional Indonesia yang Mendunia

Sekilas Kolintang ini hampir sama dengan alat musik Gambang dari Jawa, namun yang membedakan adalah nada yang dihasilkan lebih lengkap dan cara memainkannya sedikit berbeda.

Kolintang merupakan salah satu alat musik tradisional yang cukup terkenal di masyarakat Minahasa, dan sering digunakan untuk mengiringi upacara adat, pertunjukan tari, pengiring nyanyian, bahkan pertunjukan musik.

Mengutip djkn.kemenkeu.go.id, alat musik Kolintang telah sukses melakukan pertunjukan di berbagai negara, salah satunya ialah berhasil menghibur para tamu pada acara Malam Tamu Ratu Denmark di Istana Kepresidenan.

Saat ini Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara sedang memperjuangkan Kolintang menjadi bagian dari Warisan Budaya tak Benda asal Indonesia versi The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

Cara Memainkan Alat Musik Kolintang

Seperti yang dikatakan sebelumnya, cara memainkan alat musik kolintang adalah dengan cara dipukul menggunakan stick khusus.

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas