Tribun

Materi Sekolah

Mengenal Apa Itu Desentralisasi: Pengertian, Kelebihan hingga Kekurangannya

Mengetahui pengertian dari desentralisasi: penjelasan, kelebihan, hingga kekuarangannya

Penulis: Faishal Arkan
Editor: Pravitri Retno Widyastuti
Mengenal Apa Itu Desentralisasi: Pengertian, Kelebihan hingga Kekurangannya
Tribunnews/JEPRIMA
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) saat akan meninggalkan ruang Sidang DPR RI tentang RAPBN Tahun 2020 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (16/8/2019). Adapun, fokus RAPBN diarahkan pada lima hal utama yang Pertama, penguatan kualitas SDM untuk mewujudkan SDM yang sehat, cerdas, terampil, dan sejahtera. Kedua, akselerasi pembangunan infrastruktur pendukung transformasi ekonomi. Ketiga, penguatan program perlindungan sosial untuk menjawab tantangan demografi dan antisipasi aging population. Keempat, penguatan kualitas desentralisasi fiskal untuk mendorong kemandirian daerah. Dan terakhir, kelima, antisipasi ketidakpastian global. Tribunnews/Jeprima 

TRIBUNNEWS.COM - Secara etimologis, istilah desentralisasi berasal dari bahasa Belanda, yaitu de yang memiliki arti lepas, dan centerum yang berarti pusat.

Terdapat dua kelompok besar yang memberikan definisi tentang desentralisasi, yakni kelompok Anglo Saxon dan Kontinental.

Kelompok Anglo Saxon mendefinisikan desentralisasi sebagai penyerahan wewenang dari pemerintah pusat, baik kepada para pejabat pusat yang ada di daerah yang disebut dekonsentrasi maupun kepada badan-badan otonom daerah yang disebut devolusi.

Devolusi merupakan sebagian kekuasaan diserahkan kepada badan-badan politik di daerah yang diikuti dengan penyerahan kekuasaan sepenuhnya untuk mengambil keputusan baik
secara politis maupun secara administratif.

Adapun Kelompok Kontinental membedakan desentralisasi menjadi dua bagian, yaitu desentralisasi jabatan atau dekonsentrasi dan desentralisasi ketatanegaraan.

Dekonsentrasi merupakan penyerahan kekuasaan dari atas ke bawah dalam rangka kepegawaian guna kelancaran pekerjaan semata.

Mengutip dari peoplehum.com, desentralisasi mengacu pada bentuk spesifik dari sebuah struktur organisasi di mana manajemen puncak mendelegasikan tanggung jawab dalam hal pengambilan keputusan kepada bawahannya.

Baca juga: Trigatra dan Pancagatra dalam Wawasan Nusantara: Meliputi Aspek dan Fungsi

Mengenal Apa Itu Desentralisasi
(Ilustrasi) Mengenal Apa Itu Desentralisasi (Pixabay/DariuszSankowski)

Baca juga: RUU HKPD Memperkuat Desentralisasi Fiskal untuk Pemerataan Kesejahteraan Masyrakat Indonesia

Desentralisasi

Dalam buku PPKN Kelas X, dijelaskan mengenai desentralisasi yang meliputi penjelasan menurut para ahli hingga kekurangannya, yakni:

Menurut Ahli

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas