Tribun

Buku Tematik

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 SD Buku Tematik Halaman 51 52 53 55 56: Suku Baduy

Ini kunci jawaban halaman 51, 52, 53, 55, 56 Tema 7 Kelas 4 SD Subtema 2 Pembelajaran 1 Buku Tematik Indahnya Keragaman di Negeriku.

Penulis: Yurika Nendri Novianingsih
Editor: Garudea Prabawati
zoom-in Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 SD Buku Tematik Halaman 51 52 53 55 56: Suku Baduy
Buku tematik kelas 4 tema 7
Berikut kunci jawaban Tema 7 kelas 4 SD subtema 2 pembelajaran 1 halaman 51, 52, 53, 55 dan 56. 

TRIBUNNEWS.COM - Inilah kunci jawaban Buku Tematik Kelas 4 SD Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 1 di halaman 51, 52, 53, 55 dan 56.

Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 Kelas 4 SD Tema 7, memiliki judul Indahnya Keragaman di Negeriku.

Kemudian Subtema 2 berjudul Indahnya Keragaman Budaya Negeriku.

Sebelum melihat kunci jawaban Buku Tematik, siswa dapat terlebih dahulu memahami soal kemudian menjawabnya sendiri.

Kunci jawaban pada artikel ini digunakan sebagai panduan dan pembanding oleh orang tua untuk mengoreksi pekerjaan anak.

Baca juga: Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 7 Kelas 1 SD Halaman 91 92 93 94 Pembelajaran 1 Subtema 3

Baca juga: Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 3 SD Halaman 23 24 27 Tematik Pembelajaran 3: Menjaga Kelestarian Energi

Berikut kunci jawaban Buku Tematik Tema 7 kelas 4 SD Subtema 2 Pembelajaran 1

Urang Kanekes, Si Suku Baduy

Banten merupakan sebuah provinsi di Pulau Jawa bagian barat. Provinsi Banten memiliki kekayaan alam dengan pemandangan indah, termasuk pegunungan dan pantai.

Di pegunungan Kendeng dengan ketinggian 600 m dari permukaan air laut, tinggal masyarakat adat yang biasa kita sebut suku Baduy. Namun, masyarakat suku Baduy lebih senang menyebut diri mereka urang Kanekes.

Dalam bahasa Sunda, urang berarti orang. Masyarakat Kanekes dibagi menjadi dua kelompok, yaitu tangtu dan panamping. Kelompok tangtu dikenal sebagai Kanekes Dalam atau Baduy Dalam.

Sebaliknya, kelompok panamping dikenal sebagai Kanekes Luar atau Baduy Luar. Kelompok Kanekes Dalam atau Baduy Dalam tinggal di tiga desa, yaitu Cikertawana, Cikeusik, dan Cibeo. Masyarakat Kanekes Dalam masih sangat teguh dalam memegang tradisi.

Mereka tidak menggunakan alat-alat elektronika, tidak menggunakan alas kaki, tidak menggunakan kendaraan sebagai alat transportasi, serta mengenakan pakaian adat yang ditenun dan dijahit sendiri. Mereka menganut kepercayaan tradisional “sunda wiwitan” dan dipimpin oleh seorang Pu’un. Pu’un juga berkedudukan sebagai pemimpin masyarakat Kanekes.

Kelompok panamping sedikit berbeda dari masyarakat Kanekes Dalam. Masyarakat Kanekes Luar atau Baduy Luar telah mengenal teknologi dan alat elektronik. Mereka juga mengenakan pakaian modern. Namun, masyarakat Baduy Luar masih bisa dikenali dari ciri khas mereka, yaitu mengenakan ikat kepala berwarna hitam.

Kunci Jawaban Halaman 51-52

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas