Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Hebat! Siswa Indonesia Raih Lima Medali di Ajang International Olympiad Tuymaada di Rusia

Tim Indonesia meraih lima medali pada ajang International Olympiad Tuymaada (Mathematics, Physics, Informatics) ke-29 yang digelar di Rusia.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Dodi Esvandi
zoom-in Hebat! Siswa Indonesia Raih Lima Medali di Ajang International Olympiad Tuymaada di Rusia
shuttercock
Siswa Indonesia meraih lima medali pada ajang International Olympiad Tuymaada (Mathematics, Physics, Informatics) ke-29 yang digelar di Rusia. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tim dari Indonesia meraih 2 Second Degree Diploma (setara medali Perak), serta 3 Third Degree Diploma (setara medali Perunggu) pada ajang International Olympiad Tuymaada (Mathematics, Physics, Informatics) ke-29 yang digelar di Rusia.

Siswa Indonesia yang berhasil meraih medali adalah Janssen Edyth Lim dari SMPK Immanuel Pontianak pada kelas Junior Matematika dan Savero Lukianto Chandra dari SMA Fransiskus Bandar Lampung pada kelas senior fisika meraih medali perak.

Sementara medali perunggu diraih Raymond Christopher Tanto dari SMPK Kalam Kudus Surakarta pada kelas junior matematika, Timothy William Koesasih dari SMPK Petra 3 Surabaya pada kelas junior matematika, dan Christopher Ivan Budiwardhana dari SMAK Penabur Gading Serpong, pada kelas senior fisika.

Sebanyak 56 siswa setingkat SMP dari Indonesia, Iran, Kazakhstan, Romania, Singapura, dan beberapa negara bagian dari Russian Federation mengikuti kompetisi bidang Matematika dan 54 siswa SMA mengikuti lomba Fisika tingkat SMA ini.

Baca juga: Syukuro Manabe Orang Jepang Warga Amerika Pemenang Nobel Fisika 2021

Persaingan berlangsung ketat. Secara keseluruhan hanya tersedia 4 medali emas, 7 medali Perak, 10 medali perunggu untuk matematika tingkat SMP dan 2 medali emas, 8 medali perak, dan 14 medali perunggu untuk fisika tingkat SMA.

Olimpiade Internasional Tuymaada diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan Republic of Sakha (Yakutia), Russia Federation.

BERITA TERKAIT

Kegiatan inti lomba berlangsung selama 2 hari, di mana para siswa Matematika mengerjakan 8 soal Matematika dalam waktu 10 jam.

Topik soal bidang matematika adalah dalam bidang Aljabar, teori bilangan, geometri, dan kombinatorika.

Baca juga: 15 Ilmuwan Islam di Bidang Matematika: Al Khawarizmi, Abu Wafa al Bawzajani, Abu Kamil Syuja

Sedangkan untuk bidang fisika, soal yang diberikan adalah tentang pergeseran pusat massa pada saat pemuatan beban pada kereta barang, dan rotasi cincin karet.

Lalu gerak menggelinding silinder tidak homogen, proses adiabatic termodinamika, pemanasan rangkaian resistor, berkas kosmik, lensa ideal 1 kali pakai dan induktansi kubus kawat.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas