Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kunci Jawaban PKN Kelas 12 Halaman 99 Tugas Kelompok 5.2: Identifikasi Keunggulan NKRI

Kunci jawaban PKN Kelas 12 Halaman 99 Tugas Kelompok 5.2: Identifikasi Keunggulan NKRI dalam berbagai dimensi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Penulis: Lanny Latifah
Editor: Tiara Shelavie
zoom-in Kunci Jawaban PKN Kelas 12 Halaman 99 Tugas Kelompok 5.2: Identifikasi Keunggulan NKRI
Buku PKN Kelas 12
Soal dan kunci jawaban PKN Kelas 12 Halaman 99 Tugas Kelompok 5.2 mengenai Identifikasi Keunggulan NKRI dalam berbagai dimensi kehidupan berbangsa dan bernegara. 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut inilah kunci jawaban PKN Kelas 12 halaman 99.

Buku PKN kelas 12 halaman 99 terdapat Tugas Kelompok 5.2 mengenai Identifikasi Keunggulan NKRI dalam berbagai dimensi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sebelum melihat kunci jawaban, ada baiknya siswa mencoba menjawab sendiri terlebih dahulu dengan bantuan orang tua.




Jika sudah, orangtua bisa mencocokkan jawaban yang ditulis anak dengan jawaban di bawah ini.

Baca juga: Kunci Jawaban PAI Kurikulum Merdeka Kelas 5 SD Halaman 105, Ayo Berlatih: Berbagi dengan Sesama

Selengkapnya, ini kunci jawaban soal PKN Kelas 12 SMA/SMK pada halaman 99:

PKN Kelas 12 Halaman 99
Soal dan kunci jawaban PKN Kelas 12 Halaman 99 Tugas Kelompok 5.2 mengenai Identifikasi Keunggulan NKRI dalam berbagai dimensi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Tugas Kelompok 5.2

1. Coba Anda identifikasi keunggulan Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam berbagai dimensi kehidupan berbangsa dan bernegara. Tuliskan hasil identifikasimu pada tabel di bawah ini.

BERITA TERKAIT

Jawaban:

Bidang Ideologi
Keunggulan NKRI: Indonesia memiliki Pancasila yang merupakan sumber ideologi kuat. Pancasila mencakup semua aspek kehidupan dan cocok dijadikan pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Bidang Politik
Keunggulan NKRI: Indonesia memiliki sistem politik yang Bebas-Aktif. Bebas-Aktif yang dianut Indonesia membuat negara dengan salah satu penduduk terbanyak ini mampu masuk ke dalam berbagai negara.

Bidang Ekonomi
Keunggulan NKRI: Indonesia memiliki destinasi wisata yang menjanjikan, yang bisa menyumbangkan devisa yang cukup besar. Selain itu, Indoensia juga memiliki sumber kekayaan alam yang melimpah, memiliki laut, dan sumber barang tambang yang sangat besar, tetapi sayangnya kita masih bergantung pada negara lain dalam mengolah SDA yang ada.

Bidang Sosial Budaya
Keunggulan NKRI: Indoensia memiliki keunggulan yang sangat signifikan, yakni karena Indonesia terdiri dari ratusan suku, agama, ras, adat istiadat yang beragam. Setiap suku memiliki budaya yang beraneka ragam, sehingga indonesia menjadi negara yang kaya akan budaya.

Bidang Pertahanan dan Keamanan
Keunggulan NKRI: Indonesia memiliki pertahanan dan keamanan yang unggul. Sesuai dengan pasal 30 UUD 1945, usaha pertahanan dan keamanan negara dilaksanakan melalui sishankamrata (sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta) dengan TNI dan Polri sebagai kekuatan utama, serta rakyat sebagai kekuatan pendukung.

Diketahui, Sishankamrata merupakan sistem yang disusun berdasarkan falsafah Undang-undang Dasar dengan tujuan untuk mewujudkan ketahanan nasional Indonesia.

Baca juga: Kunci Jawaban PKN Kelas 10 Halaman 137 138: Makna Hubungan Struktural dan Fungsional

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas