Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kunci Jawaban Sejarah Indonesia Kelas 11 Semester 2 Halaman 212: Nilai-nilai Kejuangan Masa Revolusi

Berikut kunci jawaban soal dalam buku Sejarah Indonesia kelas 11 halaman 212 tentang nilai-nilai kejuangan masa revolusi.

Penulis: Isti Prasetya
Editor: Arif Fajar Nasucha
zoom-in Kunci Jawaban Sejarah Indonesia Kelas 11 Semester 2 Halaman 212: Nilai-nilai Kejuangan Masa Revolusi
Tangkapan Layar Buku Sejarah Indonesia Kelas 11 Semester 2
Berikut kunci jawaban soal dalam buku Sejarah Indonesia kelas 11 halaman 212 tentang nilai-nilai kejuangan masa revolusi. 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut kunci jawaban Sejarah Indonesia kelas 11 semester 2 halaman 212.

Pada Buku Sejarah Indonesia kelas 11 halaman 212 terdapat soal tentang nilai-nilai kejuangan masa revolusi.

Jawaban dari soal tersebut akan dibahas di bawah ini, tetapi ada baiknya siswa tidak menjadikan artikel ini sebagai acuan.

Siswa lebih baik mencoba menjawab sendiri terlebih dahulu dengan bantuan orangtua.

Kunci jawaban soal Sejarah Indonesia kelas 11 halaman 212 semester 2:

1. Sebutkan tiga tokoh yang sangat berkesan dalam pikiranmu, kemudian tuliskan pernana tokoh tersebut dalam perjuangan revolusi kemerdekaan. Nilai-nilai apa yang pantas ditiru dari tokoh tersebut? Jelaskan alasanmu!

Jawaban:

  • Ir. Soekarno, berperan dalam memperjuangkan dan mempersiapkan kemerdekaan, seperti merumuskan Pancasila, UUD 1945, dan dasar-dasar pemerintahan Indonesia termasuk merumuskan naskah proklamasi kemerdekaan. Nilai-nilai yang pantas ditiru dari Soekarno yaitu rela berkorban dan memiliki rasa nasionalisme tinggi.
  • Jenderal Sudirman, berperan dalam memimpin perang gerilya, melucuti senjata Jepang, memimpin Pertempuran Ambarawa, melakukan reorganisasi Tentara Keamanan Rakyat dan melakukan rasionalisasi Tentara Nasional Indonesia. Sikap yang pantas ditiru dari Jenderal Sudirman adalah pemimpin, guru, selalu taat kepada pemimpin bangsa, religius dan tidak pernah takut dan gentar sedikitpun akan kekuatan asing.
  • Ahmad Subarjo secara langsung berperan aktif mempersiapkan kemerdekaan Indonesia dalam BPUPKI, merumuskan UUD dasar bersama panitia 9, menengahi konflik pada peristiwa Rengasdengklok, dan merumuskan teks proklamasi bersama Sukarno dan Hatta Nilai-nilai yang pantas ditiru dari Ahmad Subarjo adalah rela berkorban dan sikap bijaksana.
BERITA REKOMENDASI

2. Nilai-nilai kejuangan para tokoh revolusi kemerdekaan masih relevan diterapkan pada kehidupan sekarang dan yang akan datang? Pilihlah tiga nilai yang dapat diamalkan pada kehidupan siswa dan pemuda pada masa sekarang!

Jawaban:

Persatuan dan kesatuan saat ini masih sangat relevan untuk menghadapi permasalahan di masa depan. Kekompakan inilah yang bisa terus dilaksanakan untuk kehidupan siswa dan pemuda di masa sekarang. Misalnya dengan membantu dan menghormati orang lain tanpa membedakan suku, agama, dan ras. Kemudian rela berkoban dan tanpa pamrih seperti mengikuti kegiatan sosial di lingkungan rumah dengan maksimal. Kemudian, anak muda juga bisa mewujudkan cinta pada tanah air dengan menggunakan produk-produk buatan Indonesia.

3. Buatlah suatu rencana kegiatan berkelompok yang mungkin kamu lakukan untuk mengamalkan nilai-nilai perjuangan revolusi kemerdekaan!

Jawaban:

*) Disclaimer: Jawaban di atas hanya digunakan untuk memandu proses belajar anak.

Sebelum melihat kunci jawaban, siswa harus terlebih dahulu menjawabnya sendiri, setelah itu gunakan artikel ini untuk mengoreksi hasil pekerjaan siswa.

(Tribunnews.com/Isti Prasetya)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas