Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Penyelenggaraan Festival Bola Basket Sebelas Maret pada Akademi Bola Basket di Solo dan Sekitarnya

FKOR UNS menggelar Festival Bola Basket Sebelas Maret dalam rangka program MBKM. Festival ini digelar untuk menghasilkan atlet-atlet berprestasi.

Editor: Pravitri Retno W
zoom-in Penyelenggaraan Festival Bola Basket Sebelas Maret pada Akademi Bola Basket di Solo dan Sekitarnya
DOK. FKOR UNS
Penyelenggaraan Festival Bola Basket Sebelas Maret pada Akademi Bola Basket di Solo dan sekitarnya oleh Fakultas Keolahragaan (FKOR) Universitas Sebelas Maret (UNS). 

TRIBUNNEWS.com - Fakultas Keolahragaan (FKOR) Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) bekerja sama dengan Akademi Bola Basket Soloraya dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

MBKM merupakan kebijakan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2020.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi lulusan, baik soft skills maupun hard skills, agar lebih siap dan relevan dengan kebutuhan zaman, menyiapkan lulusan sebagai pemimpin masa depan bangsa yang unggul dan berkepribadian.

Dalam program ini, tidak hanya mencakup program magang di klub saja, mahasiswa dapat memilih delapan program MBKM yang ditawarkan oleh Kementerian, dimana mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengikuti perkuliahan di luar program studi.

Berdasarkan Kemendikbudristek yang telah memberikan kebijakan baru di bidang pendidikan tinggi melalui program MBKM yang saat ini telah diterapkan oleh FKOR UNS, salah satu bentuk program MBKM adalah magang/praktik kerja yang telah tertera dalam Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 pasal 15 ayat 1.

Magang/praktik kerja ini merupakan kegiatan merdeka belajar selama 6 bulan disetarakan dengan 20 SKS dengan penyetaraan mata kuliah.

Penyelenggaraan Festival Bola Basket Sebelas Maret pada Akademi Bola Basket di Solo dan sekitarnya oleh Fakultas Keolahragaan (FKOR) Universitas Sebelas Maret (UNS)
Penyelenggaraan Festival Bola Basket Sebelas Maret pada Akademi Bola Basket di Solo dan sekitarnya oleh Fakultas Keolahragaan (FKOR) Universitas Sebelas Maret (UNS) (DOK. FKOR UNS)

Dengan adanya program MBKM ini, mahasiswa yang terlibat dapat memanfaatkan kesempatan magang di klub atau akademi bola basket sebagai bagian dari pengalaman belajar di luar kampus pengembangan potensi sesuai passion dan bakatnya.

BERITA TERKAIT

Kegiatan MBKM ini dilaksanakan di beberapa Akademi Bola Basket Soloraya yang diikuti oleh 24 orang mahasiswa dari Fakultas Keolahragaan (FKOR) UNS.

Terdapat 4 Akademi yang menjadi tempat praktik kerja, yaitu Humble, Hiasba Alligator, Victory, dan T-rex.

Pendamping kegiatan MBKM Akademi Bola Basket Soloraya adalah dosen dari FKOR UNS, Baskoro Nugroho Putro M.Pd, Ahmad Septiandika A, S.Pd, M.Or, dan Dr. Hendrig Joko Prasetyo, M.Or.

Fakultas Keolahragaan (FKOR) Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) menggelar Festival Bola Basket Sebelas Maret untuk Akademi Bola Basket di Solo dan sekitarnya.

Festival basket usia dini merupakan ajang yang sangat penting dalam membentuk generasi muda yang memiliki keterampilan basket yang baik dan jiwa kompetitif sejak dini.

Di daerah Solo Raya, penyelenggaraan festival basket usia dini menjadi salah satu langkah yang strategis dalam membangun komunitas basket yang kuat dan menghasilkan atlet-atlet berprestasi.

Mendorong Partisipasi dan Pengembangan Bakat

Penyelenggaraan festival basket usia dini di daerah Solo Raya memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk terlibat secara aktif dalam olahraga basket sejak usia muda.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas