Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Masuk 3 Besar PTS Terbaik di Indonesia, UAJY Jadi Tujuan Kuliah Favorit di Yogyakarta

UAJY merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik di Yogyakarta dengan sistem pendidikan yang bermutu dan berkualitas unggul. Tahun ini,

Editor: Content Writer
zoom-in Masuk 3 Besar PTS Terbaik di Indonesia, UAJY Jadi Tujuan Kuliah Favorit di Yogyakarta
Istimewa
UAJY merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik di Yogyakarta dengan sistem pendidikan yang bermutu dan berkualitas unggul. Tahun ini, UAJY mendapat peringkat ke-3 sebagai Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Indonesia versi Scimago Institutions Rankings 2023. 

TRIBUNNEWS.COM - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) kerap kali menjadi kota impian calon mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan tinggi. Terdapat lebih dari 100 perguruan tinggi berada di wilayah Yogyakarta, hal ini membuat Yogyakarta dikenal sebagai kota pelajar. Berkuliah di Yogyakarta bukanlah hal yang tidak mungkin.

Terlebih, Yogyakarta mempunyai segudang kampus ternama yang menduduki peringkat-peringkat atas di Indonesia. Kampus-kampus ini juga menawarkan banyak beasiswa bagi mahasiswa sehingga biaya kuliah menjadi lebih murah dan terjangkau. Aspek ekonomis tersebut menjadi alasan utama Yogyakarta sebagai kota tujuan favorit calon mahasiswa untuk berkuliah, salah satunya adalah Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY).

UAJY merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik di Yogyakarta dengan sistem pendidikan yang bermutu dan berkualitas unggul. Tahun ini, UAJY mendapat peringkat ke-3 sebagai Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Indonesia versi Scimago Institutions Rankings 2023.

Adapun kategori yang digunakan dalam pemeringkatan tersebut antara lain adalah kualitas publikasi, jumlah kolaborasi internasional, dan inovasi serta penciptaan paten yang berdampak pada sosial dan kemasyarakatan. Pencapaian tersebut semakin memantapkan UAJY sebagai universitas dengan standar mutu pendidikan tinggi.

Prof. Ir. Suyoto, MSc., Ph.D selaku Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) UAJY mengungkapkan rasa bangga kepada dosen-dosen maupun mahasiswa di UAJY. Tercatat sejumlah lebih dari 100 judul diajukan dalam kurun waktu 2021-2022. Jumlah tersebut adalah hasil dari proses peningkatan yang terus terjadi sejak 2016 yang dimulai dari 19 judul, kemudian di tahun 2017 menghasilkan 81 judul, dan puncaknya saat pandemi justru dapat mencapai angka 100.

“Paling dekat, saya berharap bisa 150 judul per tahun karena dalam satu semester sebenarnya dosen boleh mengajukan dua judul. Apalagi UAJY punya dua bentuk publikasi yaitu jurnal dan seminar. Semoga tahun berikutnya minat sivitas akademika semakin naik untuk mau membuat publikasi dan terindeks di jurnal yang bergengsi seperti Scopus misalnya,” ujar Suyoto.

Tidak hanya itu, UAJY juga meraih predikat Akreditasi Unggul dari BAN-PT berdasarkan SK Nomor 335/SK/BAN-PT/Ak.KP/PT/V/2023. Akreditasi Unggul ini sebagai bentuk pencapaian UAJY dalam menjamin mutu pendidikan serta menjadi perguruan tinggi swasta yang layak diperhitungkan untuk menjadi tempat bagi para mahasiswa dalam menimba ilmu dengan pendidikan yang berkualitas.

BERITA TERKAIT

Prestasi yang telah diraih universitas, tentu saja tidak lepas dari peran mahasiswa di bidang akademik dan non akademik. Prestasi-prestasi pun kerap ditorehkan oleh mahasiswa di tingkat nasional maupun internasional. Universitas terus mendukung peningkatan prestasi mahasiswa, baik akademik maupun non akademik, melalui Tim Penalaran Universitas, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), serta kelompok studi dan tim yang dimiliki setiap program studi.

“Selain meningkatkan prestasi nasional, ke depannya kita juga akan berfokus pada capaian prestasi di level internasional. Tentu ini merupakan upaya bersama, sehingga universitas juga mempublikasikan secara masif, prestasi-prestasi mahasiswa untuk menarik sekaligus membangun kebanggaan mahasiswa,” ujar Ir. Yosef Daryanto, S.T., M.Sc., Ph.D., IPM, CSA., selaku Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama.

UAJY juga selalu mengupayakan fasilitas yang memadai bagi seluruh kelompok dan tim mahasiswa di mana Universitas menyediakan pendampingan yang diperlukan untuk persiapan dan latihan-latihan yang diperlukan mahasiswa.

“Universitas bersama fakultas juga memberikan dukungan finansial bagi mahasiswa yang mengikuti berbagai kompetisi dan lomba, serta memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang berprestasi sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan,” imbuh Yosef.

UAJY merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik di Yogyakarta x12
UAJY juga meraih predikat Akreditasi Unggul dari BAN-PT berdasarkan SK Nomor 335/SK/BAN-PT/Ak.KP/PT/V/2023. Akreditasi Unggul ini sebagai bentuk pencapaian UAJY dalam menjamin mutu pendidikan.

Universitas juga menyediakan program beasiswa baik untuk mahasiswa maupun calon mahasiswa baru seperti program bebas Sumbangan Pengembangan Universitas (SPU) dan biaya kuliah selama 4 tahun berturut-turut. Penerima beasiswa hanya perlu membayar uang buku/courseware dan uang kemahasiswaan, Liem Family Scholarship, Beasiswa Bebas SPP Tetap, dan lainnya.

Selain itu, UAJY menyediakan program beasiswa bagi calon mahasiswa untuk memberikan dan memudahkan akses pendidikan bagi calon mahasiswa yaitu UAJY Full Scholarship, Program OSC-Medcom, Beasiswa Program Internasional (BPI), Program KIP Kuliah, Beasiswa Disabilitas, dan Beasiswa Prestasi Akademik (BPA).

Selain menyediakan variasi beasiswa untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa baik akademik dan non akademik, UAJY juga menyediakan fasilitas terbaik untuk menunjang pembelajaran di antaranya perpustakaan, kantin, co-working space, gedung olah raga, laboratorium, meeting room dan lainnya. UAJY juga terus berupaya untuk menjadi kampus yang ramah lingkungan.

“Menyusul pencanangan Laudato Si’ pada September 2022 lalu, yaitu rencana UAJY menuju kampus go green, salah satu yang perlu segera dikerjakan adalah sarana dan prasarana kampus yang menjadi semakin ramah lingkungan,” ujar Samiaji Sarosa, M.I.S., Ph.D., Wakil Rektor II UAJY.

Calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan di UAJY tidak perlu ragu. Sebagai PTS terbaik, UAJY telah melahirkan banyak lulusan berkualitas yang bersaing di masyarakat. Lulusan UAJY diharapkan dapat menjadi insan yang dapat menerapkan keilmuannya bersamaan dengan nilai-nilai keatmajayaan yang ditanamkan selama berkuliah, yaitu unggul, inklusif, humanis, dan berintegritas.

Bagi calon mahasiswa yang berminat dan tertarik untuk kuliah di UAJY, Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB) UAJY dibuka hingga Juni 2023 dengan menyediakan 6 fakultas dengan 13 pilihan Program Studi Sarjana dan 7 Program Studi Magister. PMB UAJY dapat dilakukan melalui beberapa jalur yaitu program seleksi tes, PSSB, Program Beasiswa, dan program jalur unggulan. Informasi selengkapnya dapat dilihat pada laman pmb.uajy.ac.id

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas