Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 11: Membandingkan Tiga Teks

Simak kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 9 SMP halaman 11 tentang membandingkan teks, selain itu terdapat juga kunci jawabannya

Penulis: Pondra Puger Tetuko
Editor: Arif Fajar Nasucha
zoom-in Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 11: Membandingkan Tiga Teks
Buku Bahasa Indonesia kelas 9
Buku Bahasa Indonesia kelas 9 - Simak kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 9 SMP halaman 11 tentang membandingkan teks, selain itu terdapat juga kunci jawabannya. 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut ini kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 9 halaman 11.

Kunci jawaban mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 9 SMP halaman 11 dalam artikel ini hanya sebagai referensi atau panduan siswa dalam belajar.

Sebelum melihat kunci jawaban, siswa dapat terlebih dahulu mengerjakan soalnya sendiri.

Di halaman 11 ini membahas tentang membangdingkan teks.

Pada bagian tersebut, muncul pertanyaan terkait perbandingan teks Bahasa Indonesia.

Berikut ini kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 9 SMP halaman 11 tentang mengidentifikasi teks.

Baca juga: Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 6 Halaman 4 Buku Tematik: Ide Pokok dan Informasi Penting

Perhatikan tulisan berikut!

BERITA TERKAIT

1. Sepedaku termasuk sepeda ontel-jengki yang tidak memiliki batangan, besi berbentuk pipa yang menghubungkan setang dan tempat duduk. Tempat duduknya terbuat dari kulit. Warnanya hitam, tetapi sudah memudar. Ban depan sepedaku memiliki garis putih yang jarang ditemukan untuk ban sepeda. Ukuran ban sekitar 18 inci.

Rem tangan depan dan belakang terbuat dari besi bukan kabel. Bel sepeda khas berbunyi kring-kring terletak di setang kanan. Sepeda ini kupakai ke sekolah. Teman-temanku berkelakar bahwa aku seperti naik onta, badanku kecil tidak cocok dengan sepeda besar. Saat mengayuh, kakiku yang pendek tidak sepenuhnya dapat mengikuti kayuhan. kakiku menggantung di atas pedal bagian bawah.

2. "Fix gear" adalah gir (gigi) kaku yang menggerakkan sebuah sepeda ataupun kendaraan lain dan merupakan bagian yang disebut drivetrain. Drivetrain merupakan gabungan berbagai komponen yang saling terhubung dan merupakan sistem pada sepeda yang terdiri atas pedal, lengan engkol (crankarm), gir depan (chainring), gir belakang (cog) dan tentunya rantai.

Gabungan komponen di bagian pedal, yaitu pedal, lengan engkol, dan gear depan. Rantai akan melingkari gir depan dan mengikatnya dengan gir belakang yang terhubung dengan roda belakang. ketika pedal diinjak lengan engkol akan mengikutinya, memutar gir depan yang tertempel. kemudian, menarik rantai yang juga otomatis mengajak gir belakang untuk berputar. Karena gir menempel pada roda belakang, berputar lah roda itu dan meluncur.

3. Sepeda adalah kendaraan beroda dua atau tiga, mempunyai setang, tempat duduk, dan sepasang pengayuh yang digerakkan kaki untuk menjalankannya. Salah satu sepeda yang banyak digunakan hingga tahun 1970-an adalah jenis ontel. Sepeda ontel memiliki ciri posisi duduk tegak, reputasi sangat kuat, dan bermutu tinggi. Rumah rantai tertutup.

Dengan gigi yang tidak bisa diubah dan biasanya terdapat dinamo di bagian roda depan untuk menyalakan lampu. Sepeda ontel juga dilengkapi rem drum untuk pengereman. Berbagai merek sepeda ontel dari berbagai negara beredar di pasar Indonesia. Pada segmen premium, misalnya merek Fonger, Gazelle, dan Sunbeam. Kemudian, pada segmendibawahnya diisi oleh beberapa merek terkenal seperti Simplex, Burgers, Raleigh, Humber, Batavus, Philips, dan NSU.

Baca juga: Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 11: Alat Musik Tradisional dan Daerah Asalnya

Soal

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas