Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Perbedaan SNBP dan SNBT 2024: Pengertian, Ketentuan, Jadwal serta Syarat Daftar

Simak berikut merupakan perbedaan SNBP dan SNBT 2024 dari segi pengertian, ketentuan, jadwal serta syarat pendaftaran

Penulis: Namira Yunia Lestanti
Editor: Tiara Shelavie
zoom-in Perbedaan SNBP dan SNBT 2024: Pengertian, Ketentuan, Jadwal serta Syarat Daftar
Grid.id
SNPMB 2024 resmi diumumkan berikut merupakan perbedaan seleksi jalur SNBP dan jalur SNBT 2024 ditinjau dari segi pengertian, ketentuan, jadwal serta syarat pendaftaran. 

TRIBUNNEWS.COM – Pendaftaran Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024 resmi diumumkan panitia Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024.

Menurut pengumuman yang dirilis panitia SNPMB 2024 dalam siaran YouTube SNPMB BPPP, Pendaftaran akun SNPMB bagi sekolah dapat diakses mulai 8 Januari sampai 8 Februari 2024.

Sementara untuk pendaftaran bagi siswa dapat diakses mulai 8 Januari hingga 15 Februari 2024.

Baca juga: Aturan SNPMB 2024: Camaba Bisa Pilih 4 Prodi, Peserta Lolos SNBP Dilarang Daftar SNBT- Jalur Mandiri

Adapun dalam seleksi SNPMB 2024, pihak panitia membuka sejumlah jalur pendaftaran bagi calon mahasiswa dan mahasiswi, diantaranya jalur SNBP dan SNBT.

Meskipun terdengar mirip, SNBP dan SNBT adalah jalur penerimaan mahasiswa baru yang berbeda. Keduanya memiliki ketentuan dan persyaratan berbeda yang harus dipahami oleh para peserta calon mahasiswa baru.

Berikut perbedaan SNBP dan SNBT 2024 dari segi pengertian, jadwal, ketentuan, serta syarat pendaftaran.

A. Pengertian SNBP dan SNBT 2024

BERITA REKOMENDASI

SNBP merupakan Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi. Secara umum seleksi SNBP dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor serta portofolio akademik dan non akademik siswa.

Selain itu dalam jalur SNBP, rekam jejak kinerja sekolah juga menjadi salah satu acuan pihak panitia SNPMB dalam melakukan seleksi

Sementara SNBT adalah Seleksi Nasional Berdasarkan Tes. SNBT merupakan jalur yang mengharuskan peserta didik untuk mengikuti seleksi tes.

Selain tes, dalam seleksi ini pihak panitia juga akan meninjau hasil nilai UTBK atau kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN.

B. Ketentuan Daftar SNBP dan SNBT 2024

Ketentuan SNBP 2024

1. SNBP dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor serta prestasi akademik dan non akademik siswa. Rapor yang digunakan adalah sebagai berikut:

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas