Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 150 Kurikulum Merdeka: Industri Pesawat Terbang Nusantara

Berikut merupakan kunci jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas 9 halaman 150 Kurikulum Merdeka.

Penulis: Ifan RiskyAnugera
Editor: Nuryanti
zoom-in Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 150 Kurikulum Merdeka: Industri Pesawat Terbang Nusantara
Tangkapan layar Kemdikbud
Kunci jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas 9 halaman 150 Kurikulum Merdeka. 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut kunci jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas 9 halaman 150 Kurikulum Merdeka.

Pada soal IPS kelas 9 halaman 150, siswa diminta untuk mempelajari Industri Pesawat Terbang Nusantara.

Sebelum melihat kunci jawaban IPS kelas 9 halaman 150, siswa diharapkan dapat terlebih dahulu menjawab soal secara mandiri.

Kunci jawaban ini digunakan sebagai panduan dan pembanding oleh orang tua untuk mengoreksi pekerjaan anak.

Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 150

1. Bagaimana profil pesawat N250 dan N2130 yang berhasil dibuat oleh IPTN?

Jawaban:

N-2130 yang bermesin jet ini menjadi pelopor pesawat jarak menengah atau low end dari produk Large Commercial Aircraft (LCA). pesawat N2130 memiliki kapasitas 80-130 penumpang, kode N yang berarti Nusantara menunjukkan bahwa desain, produksi, dan perhitungannya dikerjakan di Indonesia.

BERITA REKOMENDASI

Pesawat twinjet transonik ini direncanakan dilengkapi dengan teknologi canggih advanced fly-by-wire system. Sebagai pesawat baru, rancangan pesawat N-2130, antara lain memanfaatkan Computational Fluid Dynamics (CFD) Technology yang canggih untuk mengurangi biaya pengembangan.

Sebenarnya N-2130 tidak biayai negara seperti pesawat N-250 Gatotkaca. Namun karena untuk produksinya direncanakan akan menggunakan dana dari hasil penjualan N-250, maka proyek ini ikut terkubur setelah pesawat Gatotkaca dihentikan.

Pesawat seri N250 merupakan buah dari mimpi Menristek di era Orde Baru, BJ Habibie, agar Indonesia mampu membuat pesawat sendiri. Tujuannya tak lain agar Indonesia yang secara geografis berupa kepulauan, bisa terkoneksi lewat udara. Mulanya, N250 didesain untuk kapasitas 30 penumpang, namun belakangan diganti menjadi 50 penumpang.

Pesawat N250 mulai terbang perdana pada 10 Agustus 1995 di Bandara Husein Sastranegara, Bandung. Ribuan orang menyaksikan langsung penerbangan perdana pesawat pertama buatan anak bangsa tersebut.

Pesawat ini diproduksi oleh IPTN (Industri Pesawat Terbang Nusantara), yang saat ini menjadi PT Dirgantara Indonesia. Pesawat tersebut memiliki kode N yang memiliki arti sebagai "Nusantara." Pesawat penumpang sipil N-250 dirancang untuk mengangkut penumpang dengan kapasitas 50 sampai 70 penumpang didalamnya.

Pesawat N-250 memiliki spesifikasi dengan menggunakan mesin dual turboprop 2439 KW Allison AE 2100C dengan jumlah enam bilah baling-baling. Pesawat ini mampu terbang dengan kecepatan maksimum hngga 610 km/jam dan kecepatan ekonomisnya pada 555 km/jam.

Pesawat ini dapat menjelajah di ketinggian 25.000 kaki. Pesawat ini memiliki daya jelajah mencapai 2040 km dengan menggunakan bahan bakar opsional, sementara bahan bakar standar pada N-250 mampu menjelajah hingga 1.480 km.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas