Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kunci Jawaban IPA Kelas 10 Halaman 137 Kurikulum Merdeka, Ayo Berlatih

Kunci jawaban mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas 10 SMA/MA/SMK/MAK halaman 137 Kurikulum Merdeka dapat dilihat di sini.

Penulis: Widya Lisfianti
Editor: Whiesa Daniswara
zoom-in Kunci Jawaban IPA Kelas 10 Halaman 137 Kurikulum Merdeka, Ayo Berlatih
Buku IPA Kelas 10 Kurikulum Merdeka
Kunci Jawaban IPA Kelas 10 Halaman 137 Kurikulum Merdeka. Pada halaman 137, siswa diminta untuk mengerjakan soal pada Ayo Berlatih. 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut kunci jawaban mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas 10 SMA/MA/SMK/MAK halaman 137 Kurikulum Merdeka.

Halaman tersebut tercantum dalam Bab 4 yang berjudul Hukum Dasar Kimia di Sekitar Kita.

Pada halaman 137, siswa diminta untuk mengerjakan soal pada Ayo Berlatih.

Kunci Jawaban IPA Kelas 10 Halaman 137 Kurikulum Merdeka




Ayo Berlatih

1. Gas sulfur dioksida (SO2) adalah salah satu gas rumah kaca yang menyebabkan pemanasan global. Ada dua senyawa yang dapat disusun oleh unsur sulfur (S) dan oksigen (O). Senyawa pertama disusun oleh 50 g S dan senyawa kedua disusun oleh 40 g S. Buktikan melalui perhitungan bagaimana konsep hukum perbandingan berganda terpenuhi!

Jawaban:

Kunci Jawaban IPA Kelas 10 Halaman 137 Kurikulum Merdeka
Kunci Jawaban IPA Kelas 10 Halaman 137 Kurikulum Merdeka nomor 1 dan 2

Berdasarkan senyawa 1, perbandingan unsur S : O = 2 : 2

BERITA TERKAIT

Berdasarkan senyawa 2, perbandingan unsur S : O = 2 : 3

Dengan demikian, perbandingan unsur S : O adalah 2 : 3, merupakan bilangan bulat dan sederhana. Keadaan ini memenuhi hukum Dalton. Menurut Dalton, jika dua jenis unsur bergabung membentuk lebih dari satu senyawa, dan jika massa-massa salah satu unsur dalam senyawa-senyawa tersebut sama, sedangkan massa-massa unsur lainnya berbeda, maka perbandingan massa unsur lainnya dalam senyawa-senyawa tersebut merupakan bilangan bulat dan sederhana.

2. Fosfor (P) bereaksi dengan oksigen (O) membentuk senyawa A dan B. Pada senyawa A, massa fosfor sebesar 4,13 g bereaksi dengan 3,20 g oksigen. Pada senyawa B, sebanyak 4,48 g fosfor bereaksi dengan 5,80 g oksigen. Berapa perbandingan massa fosfor dalam bilangan bulat yang paling sederhana? Uraikan berdasarkan konsep hukum perbandingan berganda.

Jawaban:

Berdasarkan senyawa A, perbandingan unsur P : O = 5 : 4

Berdasarkan senyawa B, perbandingan unsur P : O = 3 : 4

Dengan demikian, perbandingan massa fosfor pada kedua senyawa adalah 5 : 3, merupakan bilangan bulat dan sederhana. Keadaan ini memenuhi hukum Dalton. Menurut Dalton, jika dua jenis unsur bergabung membentuk lebih dari satu senyawa, dan jika massa-massa salah satu unsur dalam senyawa-senyawa tersebut sama, sedangkan massa-massa unsur lainnya berbeda, maka perbandingan massa unsur lainnya dalam senyawa-senyawa tersebut merupakan bilangan bulat dan sederhana.

Disclaimer:

Artikel ini hanya ditujukan untuk memandu proses siswa.

Sebelum melihat kunci jawaban, siswa harus terlebih dahulu menjawabnya sendiri, setelah itu gunakan artikel ini untuk mengoreksi hasil pekerjaan siswa.

(Tribunnews.com, Widya)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas