Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Daftar 10 Sekolah Dinas Gratis, Peluang jadi PNS hingga Uang Saku Bulanan: PKN STAN hingga Poltekim

Selain itu, lulusan dari sekolah kedinasan ini berpeluang menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Ada juga sekolah kedinasan yang memberikan uang saku

Penulis: Abdul Qodir
Editor: Acos Abdul Qodir
zoom-in Daftar 10 Sekolah Dinas Gratis, Peluang jadi PNS hingga Uang Saku Bulanan: PKN STAN hingga Poltekim
menpan.go.id
Ilustrasi siswa sekolah kedinasan - Pendaftaran sekolah kedinasan mulai dibuka pada Rabu (15/5/2024) hari ini melalui dikdin.bkn.go.id. Ada 3.445 kuota yang disediakan. Ini rinciannya. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Berikut ini adalah daftar 10 sekolah kedinasan tanpa dipungut biaya alias dibiayai negara.

Selain itu, lulusan dari sekolah ikatan dinas ini berpeluang menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Ada juga sekolah kedinasan yang memberikan uang saku bulanan kepada mahasiswanya.

Sekolah kedinasan diatur di dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permen PANRB) Nomor 20 Tahun 2021 tentang Seleksi Penerimaan Mahasiswa/Praja/Taruna Sekolah Kedinasan pada Kementerian/Lembaga.

Sekolah kedinasan adalah perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Kementerian Perhubungan, Badan Pusat Statistik, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, Badan Intelijen Negara, Badan Siber dan Sandi Negara dengan pola ikatan dinas dan/atau pola pembibitan.

Baca juga: Beasiswa Tut Wuri Handayani 2024, Kuliah S2 Gratis untuk Tendik, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

Berikut daftar 10 sekolah kedinasan tersebut:

1. Politeknik Keuangan Negara (PKN STAN)

PKN STAN merupakan perguruan tinggi negeri kedinasan yang berada di bawah Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang menyelenggarakan pendidikan Program Studi Diploma bidang keuangan negara.

STAN sendiri menjadi sekolah kedinasan paling diminati karena menawarkan sekolah gratis dan peluang menjadi CPNS di Kemenkeu.

BERITA TERKAIT

Program diploma STAN bertujuan menghasilkan ahli keuangan negara dengan keahlian di bidang akuntansi, perpajakan, pajak bumi dan bangunan, kebendaharaan negara, serta kepabean dan cukai.

2. Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)

STIN, milik BIN, memberikan pendidikan intelijen gratis dengan prodi S1 seperti Agen Intelijen dan program pascasarjana S2 dan S3.

Taruna taruni STIN dipersiapkan sebagai personal intelijen negara untuk melaksanakan tugas intelijen secara tepat, cepat, dan akurat.

Baca juga: KPK Buka Program Magang 2024, Mahasiswa Tingkat Akhir Bisa Daftar

3. Politeknik Statistika

Politeknik Statistika STIS bernaung di bawah BPS sejak 1958, menawarkan prodi D3 dan D4 Statistika serta D4 Komputasi Statistik.

Lulusan D3 langsung menjadi CASN golongan II/C di BPS, sementara lulusan D4 CASN golongan III/A bisa ditempatkan di berbagai instansi di seluruh Indonesia. 

4. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

IPDN adala sekolah kedinasan di bawah Kemendagri juga banyak diminati setiap tahunnya karena berbagai keuntungan yang ditawarkan, seperti tiga fakultas dan kampus di berbagai lokasi di Indonesia.

Setelah lulus, praja IPDN dapat menjadi PNS di pemerintahan, baik di kementerian maupun pemerintah daerah.

5. Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI-STTD)

PTDI-STTD Bekasi

PTDI-STTD Bekasi (Instagram @ptdi.sttd.official)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas