Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 10 11 Kurikulum Merdeka, Paragraf Deduksi Induksi

Kunci jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 halaman 10 dan 11 Kurikulum Merdeka, Menentukan pola pengembangan paragraf deduksi atau induksi, Kegiatan 2.

Penulis: Muhammad Alvian Fakka
Editor: Pravitri Retno W
zoom-in Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 10 11 Kurikulum Merdeka, Paragraf Deduksi Induksi
Buku Cerdas Cergas Bahasa Indonesia Kelas IX Kurikulum Merdeka
Soal buku Bahasa Indonesia Kelas 11 halaman 10 dan 11 Kurikulum Merdeka - Kunci jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 halaman 10 dan 11 Kurikulum Merdeka, Menentukan pola pengembangan paragraf deduksi atau induksi, Kegiatan 2. 

TRIBUNNEWS.COM - Kunci jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 halaman 10 dan 11 Kurikulum Merdeka, menentukan pola pengembangan paragraf deduksi atau induksi Kegiatan 2.

Kunci jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 halaman 10 dan 11 Kurikulum Merdeka terdapat pada Buku Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia Kelas 11 Kurikulum Merdeka Semester 1 untuk SMA/SMK, Bab 1 Mengenalkan dan Mempromosikan Produk Pangan Lokal Indonesia.

Artikel berikut akan menjelaskan kunci jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 halaman 10 dan 11 Kurikulum Merdeka, soal Menentukan pola pengembangan paragraf deduksi atau induksi, Kegiatan 2.




Kunci jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 halaman 10 dan 11 Kurikulum Merdeka Semester 1 ini dapat ditujukan kepada orang tua atau wali untuk mengoreksi hasil belajar.

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 10 dan 11 Kurikulum Merdeka

Kegiatan 2: Menentukan pola pengembangan paragraf

Jawablah soal benar atau salah di bawah ini!

1 Dalam satu paragraf boleh terdapat dua ide pokok yang dituangkan dalam dua kalimat utama.

Kunci Jawaban: Salah

BERITA TERKAIT

2 Hanya terdapat satu kalimat penjelasan dalam satu paragraf untuk menjelaskan ide pokok.

Kunci Jawaban: Salah

3 Pola pengembangan paragraf deduksi dimulai dengan pernyataan umum kemudian diakhiri dengan pernyataan-pernyataan khusus.

Kunci Jawaban: Benar

4 Kalimat utama pada pengembangan induktif terletak di akhir paragraf.

Kunci Jawaban: Benar

5 Pola pengembangan induktif dimulai dengan pernyataan-pernyataan khusus kemudian diakhiri dengan pernyataan umum.

Kunci Jawaban: Benar

Baca juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 3-4 Kurikulum Merdeka: Menganalisis Teks Deskripsi

Identifikasilah pola pengembangan paragraf deduksi atau induksi paragraf-paragraf di bawah ini!

a. Pemerintah lewat Kementerian Pertanian berniat menambah luas lahan sawah guna menciptakan ketahanan pangan nasional. Hal ini dirasa penting karena banyak lahan pertanian yang mengalami alih fungsi. Ketahanan pangan ini dirasa mendesak untuk segera dilakukan karena krisis yang melanda seluruh bangsa-bangsa di dunia akibat pandemi Covid-19. Setiap bangsa harus segera memenuhi kebutuhan pangannya sendiri dan tidak bisa bergantung pada impor dari bangsa lain. Oleh karena itu, diperlukan perencanaan yang matang terutama menyangkut daerah mana di Indonesia yang layak untuk segera dibuka menjadi lahan pertanian baru.

Kunci Jawaban: Paragraf Deduksi

b. Buah lokal dipercaya lebih sehat dan segar dibandingkan buah impor. Hal ini disebabkan buah impor yang masuk ke Indonesia memerlukan waktu yang cukup lama dalam proses pengirimannya. Seperti buah apel yang diimpor dari Amerika.
Mereka butuh waktu lebih dari tiga minggu untuk sampai ke tanah air. Hanya dengan proses pengawetan buah tersebut akan tetap segar ketika sampai ke masyarakat Indonesia. Dengan alasan itulah, mengonsumsi buah lokal dirasa lebih menyehatkan karena pastinya tidak ada unsur pengawet.

Kunci Jawaban: Paragraf Induksi

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas