Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 94 Kurikulum Merdeka: Membuat Tulisan 300—500 Kata

Jawaban Bahasa Indonesia kelas 9 SMP/MTs halaman 94 buku Kurikulum Merdeka:membuat tulisan 300—500 kata menggunakan paling sedikit 5 dari 17 kata baru

Penulis: Sri Juliati
Editor: Endra Kurniawan
zoom-in Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 94 Kurikulum Merdeka: Membuat Tulisan 300—500 Kata
Buku Bahasa Indonesia Kelas 9 Kurikulum Merdeka
Kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 9 SMP/MTs halaman 94 pada buku Kurikulum Merdeka: membuat tulisan 300—500 kata dengan menggunakan paling sedikit 5 dari 17 kata baru. 

TRIBUNNEWS.COM - Inilah kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 9 SMP/MTs halaman 94 pada buku Kurikulum Merdeka.

Kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 9 halaman 94 Kurikulum Merdeka untuk menjawab soal pada bagian G. Mengenali dan Menggunakan Kata Serapan dalam Teks Rekon, Kegiatan 12: Menggunakan Huruf Miring dalam Tulisan.

Pada halaman 94, siswa kelas 9 diminta membuat tulisan 300—500 kata dengan menggunakan paling sedikit 5 dari 17 kata baru.

Saat memasuki Bab III mapel Bahasa Indonesia, siswa kelas 9 SMP/MTs akan mempelajari materi tentang Komunikasi Ujung Jari.

Berikut kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 9 SMP/MTs halaman 94 pada buku Kurikulum Merdeka:

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 94 Kurikulum Merdeka

G. Mengenali dan Menggunakan Kata Serapan dalam Teks Rekon

Kegiatan 12: Menggunakan Huruf Miring dalam Tulisan

Perhatikan penggunaan huruf miring dalam teks "Beli Tikus". Ada huruf miring yang digunakan untuk menuliskan kata-kata dalam bahasa asing maupun daerah dan untuk memberikan penekanan pada kata-kata tertentu.

Tugas kalian adalah membuat tulisan 300—500 kata dengan menggunakan paling sedikit 5 dari 17 kata baru tersebut dengan memberikan perhatian khusus pada penggunaan huruf miring. Kalian dapat menceritakan pengalaman atau pendapat tentang internet pada umumnya dengan bagian tulisan berupa pembuka, isi, dan penutup.

BERITA TERKAIT

Bagian pembuka memuat pengantar pengalaman yang hendak kalian ceritakan. Bagian isi menceritakan perincian pengalaman atau kejadian yang kalian alami. Bagian penutup menegaskan kembali pengalaman yang kalian ceritakan tersebut.

Jawaban:

Ivan baru saja membeli gawai terbaru yang sedang populer di kalangan warganet. Ia sangat senang dengan fitur-fitur canggih yang dimiliki smartphone-nya itu. Terutama kamera berkualitas tinggi yang membuat hasil swafoto terlihat sangat jelas dan tajam.

Suatu hari, Ivan ingin mengikuti sebuah lomba yang diadakan oleh komunitas fotografer amatir secara daring. Lomba tersebut mengharuskan peserta mengirimkan swafoto terbaik mereka. Iva segera mengambil beberapa swafoto di berbagai tempat menarik di kotanya.

Saat mengunggah swafotonya, Ivan tanpa sengaja melakukan saltik dalam deskripsi foto yang dikirim. Alih-alih menulis "menikmati matahari terbenam", ia malah menulis "menikmati matahari terbang". Kesalahan kecil tersebut membuat beberapa netter tertawa dan memberikan komentar kocak pada foto Ivan.

Meskipun demikian, Ivan tidak menyerah. Ia terus berusaha memperbaiki kesalahannya. Ia kembali meng-upload swafoto dan mengirimkan caption yang benar. Setelah lomba selesai, ia memutuskan untuk bertemu dengan teman-teman komunitas fotografernya secara luring di sebuah kafe untuk merayakan partisipasinya dalam lomba tersebut.

Di sana, mereka berbagi cerita, pengalaman, dan tentu saja, swafoto bersama dengan gawai masing-masing. Ivan merasa sangat senang bisa terhubung dengan teman-teman baru, baik daring maupun luring. Ia berjanji akan lebih berhati-hati agar tidak melakukan saltik lagi di masa depan.

Baca juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 83 Kurikulum Merdeka: Kegiatan 7 Menyimak

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas