Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 242 Kurikulum Merdeka Edisi Revisi

Berikut kunci jawaban mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 10 SMA/MA/SMK/MAK halaman 242 Kurikulum Merdeka Edisi Revisi.

Penulis: Widya Lisfianti
Editor: Endra Kurniawan
zoom-in Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 242 Kurikulum Merdeka Edisi Revisi
Buku Bahasa Indonesia Kelas 10 Kurikulum Merdeka Edisi Revisi
Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 242 Kurikulum Merdeka Edisi Revisi. Soal terkait teks berjudul Diksi, Rima, dan Tipografi dalam Puisi: Merangkai Keindahan atau Membatasi Kreativitas? 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut kunci jawaban mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 10 SMA/MA/SMK/MAK halaman 242 Kurikulum Merdeka Edisi Revisi.

Halaman tersebut, tercantum dalam Bab 6 yang berjudul "Berkarya dan Berekspresi Melalui Puisi".

Pada halaman 242, siswa diminta untuk mengerjakan soal terkait teks berjudul Diksi, Rima, dan Tipografi dalam Puisi: Merangkai Keindahan atau Membatasi Kreativitas?

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 242 Kurikulum Merdeka Edisi Revisi

Setelah membaca dengan saksama teks di atas, bentuklah kelompok yang terdiri atas 4—5 orang. Lakukan diskusi untuk menjawab beberapa pertanyaan di bawah ini!

1. Teks di atas termasuk dalam jenis teks apa? Jelaskan alasannya!

Jawaban: Teks tersebut merupakan teks diskusi. Alasannya adalah teks tersebut membahas suatu isu atau permasalahan tertentu dari berbagai sudut pandang. Dalam teks ini, penulis atau pembicara menghadirkan argumen-argumen yang mendukung atau menentang suatu gagasan atau pandangan.

2. Apa yang menjadi pokok persoalan yang dibahas dalam teks tersebut? Jelaskan!

BERITA TERKAIT

Jawaban: Pokok persoalan dalam teks ini adalah apakah pemilihan kata/diksi, pengaturan rima, dan tampilan tipografi dalam puisi merupakan suatu nilai tambah keindahan bagi puisi atau malah dapat membatasi kreativitas penyair.

3. Mengapa hal tersebut menjadi polemik atau kontroversi? Jelaskan!

Jawaban: Hal tersebut menjadi polemik atau kontroversi karena terdapat pandangan yang berbeda. Beberapa pihak melihat elemen-elemen tersebut sebagai langkah menuju keindahan yang lebih tinggi, sementara yang lain berpendapat elemen-elemen tersebut bisa mengungkung kreativitas.

4. Jelaskan alasan-alasan mengapa beberapa pihak bersikap mendukung/ pro dalam teks tersebut!

Jawaban: Beberapa pihak mendukung penggunaan diksi, rima, dan tipografi dalam puisi karena dianggap dapat meningkatkan keindahan puisi, menciptakan ritme yang memukau, dan memberikan dimensi visual yang unik.

5. Jelaskan alasan-alasan mengapa beberapa pihak bersikap menentang/ kontra dalam teks tersebut!

Jawaban: Beberapa pihak menentang karena menganggap aturan-aturan terkait diksi, rima, dan tipografi dapat membatasi kreativitas penyair, terutama jika terlalu banyak aturan yang mengikat.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas