Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 180 Kurikulum Merdeka Edisi Revisi, Ayo Uji Kemampuan

Kunci jawaban IPA Kelas 7 halaman 180 Kurikulum Merdeka Edisi Revisi, Ayo Uji Kemampuan, rantai makanan, Bab 6 Ekologi dan Pelestarian Lingkungan.

Penulis: Muhammad Alvian Fakka
Editor: Nanda Lusiana Saputri
zoom-in Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 180 Kurikulum Merdeka Edisi Revisi, Ayo Uji Kemampuan
Buku IPA Kelas 7 Kurikulum Merdeka Edisi Revisi
soal buku IPA Kelas 7 halaman 180 Kurikulum Merdeka Edisi Revisi - Kunci jawaban IPA Kelas 7 halaman 180 Kurikulum Merdeka Edisi Revisi, Ayo Uji Kemampuan, rantai makanan, Bab 6 Ekologi dan Pelestarian Lingkungan. 

TRIBUNNEWS.COM - Kunci jawaban IPA Kelas 7 halaman 180 Kurikulum Merdeka Edisi Revisi, Ayo Uji Kemampuan, rantai makanan.

Kunci Jawaban IPA Kelas 7 halaman 180 Kurikulum Merdeka Edisi Revisi, terdapat pada Buku Ilmu Pengetahuan Alama Kelas 7 Kurikulum Merdeka Semester 2 untuk SMP/MTs, Bab 6 Ekologi dan Pelestarian Lingkungan.

Artikel berikut akan menjelaskan kunci jawaban IPA Kelas 7 halaman 180 Kurikulum Merdeka Edisi Revisi, soal Ayo Uji Kemampuan, rantai makanan.




Kunci jawaban IPA Kelas 7 halaman 180 Kurikulum Merdeka Edisi Revisi Semester 2 ini dapat ditujukan kepada orang tua atau wali untuk mengoreksi hasil belajar.

Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 180 Kurikulum Merdeka Edisi Revisi

Ayo Uji Kemampuan

1. Apa yang akan terjadi jika dalam suatu rantai makanan atau jaringjaring makanan terdapat spesies yang tiba-tiba punah karena diburu oleh manusia?

Kunci Jawaban:

Jika dalam suatu rantai makanan atau jaring-jaring makanan terdapat spesies yang tiba-tiba punah karena diburu oleh manusia maka akan mengganggu keseimbangan ekosistem.

BERITA TERKAIT

Hal ini dikarenakan jumlah populasi spesies dipengaruhi oleh keberadaan spesies lainnya.

Bisa saja ada spesies yang akan berkurang populasinya karena makanannya sudah tidak ada lagi atau sebaliknya meningkat karena kompetitor atau pemangsanya punah.

2. Seorang ilmuwan sedang menentukan jumlah rantai makanan yang ada di beberapa area berbeda.

Di area A, dia menemukan 10 rantai makanan yang berbeda. Di area B, dia menemukan 50 rantai makanan berbeda. Di area manakah yang kamu harapkan untuk menemukan keanekaragaman hayati terbesar? Berikan argumentasi dari jawabanmu!

Baca juga: Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 177 Kurikulum Merdeka Edisi Revisi, Ayo Uji Kemampuan

Kunci Jawaban:

Daerah B memiliki keanekaragaman hayati lebih tinggi dari daerah A.

Hal ini dikarenakan jumlah rantai makanan di daerah B jumlahnya sebanyak 50 dan lebih banyak dari daerah A yang hanya 10 rantai makanan.

Semakin tinggi rantai makanan menunjukkan semakin tinggi tingkat kompleksitas di ekosistem tersebut yang artinya semakin tinggi tingkat keanekaragaman hayatinya.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas