Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jawaban Soal Pretest Modul 2 Guru Penggerak 2024 Lengkap, sebelum Pelajari Alur Merdeka

Berikut kunci jawaban soal Pretest Modul 2 Guru Penggerak 2024 lengkap, modul 2.1 tentang Pembelajaran untuk Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid.

Penulis: Muhammad Alvian Fakka
Editor: Pravitri Retno W
zoom-in Jawaban Soal Pretest Modul 2 Guru Penggerak 2024 Lengkap, sebelum Pelajari Alur Merdeka
Kolase Tribunnews
Kunci jawaban soal Pretest Modul 2 Guru Penggerak 2024 - Berikut kunci jawaban soal Pretest Modul 2 Guru Penggerak 2024 lengkap, modul 2.1 tentang Pembelajaran untuk Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid. 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut kunci jawaban soal Pretest Modul 2 Guru Penggerak 2024 lengkap.

Calon Guru Penggerak (CGP) 2024 dapat mempelajari modul 2.1 tentang Pembelajaran untuk Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid.

Dalam mempelajari modul 2.1, nantinya akan diminta mengerjakan soal Pretest Modul 2 Guru Penggerak 2024 sebagai acuan.




Selelah mengerjakan soal Pretest Modul 2 Guru Penggerak 2024, baru kemudian akan mempelajari dan menjawab alur MERDEKA yaitu (Mulai dari Diri, Eksplorasi Konsep, Ruang Kolaborasi, Elaborasi Pemahaman, Koneksi Antar Materi dan Aksi Nyata).

Lebih lengkapnya berikut contoh soal dan kunci jawaban Pretest Modul 2 Guru Penggerak 2024, yang Tribunnews.com rangkum dari berbagai sumber untuk referensi pembelajaran.

Soal Pretest Modul 2 Guru Penggerak 2024 dan Kunci Jawaban

1. Ibu Yuni adalah seorang guru kelas 1 SMA. Arif adalah salah satu siswa di kelasnya yang sering sekali tertidur pada saat ia mengajar. Ia lalu memutuskan untuk berbicara dari hati ke hati dengan Arif. Dari pembicaraan tersebut, dia mengetahui bahwa setiap malam Arif harus membantu Ibunya menyiapkan bahan-bahan yang akan dimasak oleh Ibunya, untuk dijual esok pagi. Arif sendiri sebenarnya sudah merasa tidak enak dan ingin berhenti saja dari sekolah untuk bisa fokus membantu ibunya. Bu Yuni pun berusaha untuk membimbing dan menyemangati Arif agar tidak berhenti sekolah. Ia menunjukkan pada Arif bahwa sebenarnya ia sangat baik dalam pelajaran seni dan olahraga, serta sangat terampil dalam mengurus kegiatan-kegiatan OSIS.

Berdasarkan cerita di atas, tindakan yang dapat Bu Yuni lakukan untuk membangun daya lenting Arif, sesuai dengan perspektif pembelajaran sosial emosional adalah ...

BERITA TERKAIT

A. berdiskusi dengan Ibunya Arif, agar dapat memperoleh solusi untuk pendidikan Arif serta keadaan ekonomi keluarganya.

B. mengingatkan Arif akan sumber kekuatan dalam diri, dari sekitarnya maupun yang diyakini dapat ia lakukan untuk bangkit dari kesulitan.

C. memberikan pendampingan psikologis kepada Arif hingga ia memperoleh sumber dana yang dibutuhkan.

D. secara berkala melakukan supervisi untuk kedisiplinan Arif selama di kelas hingga ia memperoleh kesempatan beasiswa.

Baca juga: Apa Saja Hal yang Bekerja Secara Alami pada Diri Seorang Manusia, Jawaban Modul 1.2

E. mengajukan proposal bantuan kepada pihak sekolah bagi siswa yang tidak mampu.menghimpun dukungan moril dan psikologis dari orangtua murid lain untuk bantu Arif.

Kunci Jawaban: B

2. Pak Damar adalah seorang guru Fisika kelas 9 SMP. Beliau menyadari bahwa mata pelajaran Fisika membutuhkan konsentrasi yang tinggi untuk memahami materinya, sementara terkadang kondisi siswa cukup sulit dikendalikan. Untuk itu, hal yang bisa dilakukan Pak Damar sebelum memulai mengajar adalah ...

A. masuk ke kelas bagaimanapun kondisinya dan langsung mengajar.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas