Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Demi Masa Depan, Mahasiswa Diminta Jaga Pola Makan dan Perilaku Serta Jauhi Narkoba

Ridha juga menjelaskan, perilaku-perilaku yang harus disiapkan seluruh mahasiswa tersebut juga dapat dipergunakan nantinya saat persiapan menikah.

Penulis: willy Widianto
Editor: Acos Abdul Qodir
zoom-in Demi Masa Depan, Mahasiswa Diminta Jaga Pola Makan dan Perilaku Serta Jauhi Narkoba
Istimewa
Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) bekerjasama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) melalui program "Siap Nikah" menggelar kegiatan Keluarga Muda Berdaya X Siap Nikah "Goes To Campus" di Universitas Khairun (Unkhair) di Ternate, Maluku, Kamis (22/8/2024). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebagai agen perubahan sekaligus generasi penerus masa depan, mahasiswa diminta mempersiapkan diri dari sekarang mengenai berbagai hal.

Seperti menjaga pola makan, menjaga pola perilaku, menjauhi narkoba, menghindari seks bebas, dan tetap harus menuntaskan jenjang pendidikan hingga selesai perkuliahan menjadi poin penting yang harus terus diberikan pembekalan kepada para pemuda khususnya di kalangan kampus.

"Kepada para mahasiswa yang kali ini mengikuti Goes to Campus Keluarga Muda Berdaya dan Siap Nikah, karena kalian dianggap memiliki kemampuan menganalisis sehingga untuk jauh-jauh hari mempersiapkan diri, intinya siap bukan hanya kemampuan akademik, tetapi harus siap berada dalam lingkungan apapun. Pesan saya persiapkan semuanya, agar tidak menghancurkan masa depan kalian," ujar Rektor Universitas Khairun (Unkhair) Ternate, M Ridha Ajam, saat acara program Keluarga Muda Berdaya Kemenpora dan Siap Nikah BKKBN di Ternate, Maluku, Kamis (22/8/2024).




Ridha juga menjelaskan, perilaku-perilaku yang harus disiapkan seluruh mahasiswa tersebut juga dapat dipergunakan nantinya saat persiapan menikah.

"Menjadi penting memang karena perilaku kita harus disiapkan agar menjadi siap nikah dan menjadi keluarga berdaya," ujarnya.

Pada kesempatan itu juga Ridha mengatakan, kolaborasi lintas sektor antara Kemenpora-BKKBN ini merupakan tanggung jawab bersama bagaimana negara dan pemerintah memberikan pelayanan terhadap pemuda demi menyiapkan generasi emas hingga satu abad kemerdekaan Indonesia pada tahun 2045 nanti.

"Pertama terima kasih kepada Kemenpora dan BKKBN yang menyasar ke Unkhair. Ini wujud nyata negara dan pemerintah hadir secara bersama-sama bagaimana memberikan pelayanan kepada generasi muda bangsa terutama di kalangan pendidikan dan akademisi, yang saat ini sedang merangkak pasti menjadi bagian terbesar bangsa kita, sebagai bonus demografi," ucap Rektor Ridha.

Baca juga: Pemerintah Kucurkan Dana untuk Jalan dan Jembatan di IKN Rp18,9 Triliun, Jangan Abaikan Kota Lain

BERITA TERKAIT

Sementara itu, Asdep Kepemimpinan Pemuda Kemenpora RI, Andi Susanto mengatakan, hubungan keluarga dengan kepemimpinan bagi para pemuda. sangat diperlukan guna meningkatkan ketahanan sejak remaja, untuk mempersiapkan di fase yang lebih tinggi.

"Terima kasih atas kolaborasi Kemenpora dan BKKBN yang didukung oleh Unkhair. Perlu disadari bahwa keluarga merupakan kepemimpinan domestik di tingkat dasar, sehingga perlu dibekali untuk jenjang kepemimpinan diatasnya," ucap Andi Susanto.

"Kesuksesan di masa depan akan bergantung kemampuan memimpin diri sendiri dan keluarga," tambahnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas