Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kunci Jawaban PKN Kelas 10 Halaman 228: Wawasan Nusantara dalam Konteks NKRI

Simak kunci jawaban dari buku PKN Kelas 10 Kurikulum 2013 halaman 228, disertai materi, soal, dan penjelasannya berikut ini.

Penulis: Oktaviani Wahyu Widayanti
Editor: Nuryanti
zoom-in Kunci Jawaban PKN Kelas 10 Halaman 228: Wawasan Nusantara dalam Konteks NKRI
Buku PKN
Buku PKN Kelas 10 - Simak kunci jawaban dari buku PKN Kelas 10 Kurikulum 2013 halaman 228, disertai materi, soal, dan penjelasannya berikut ini. 

TRIBUNNEWS.COM - Artikel ini akan menyajikan kunci jawaban dari materi PKN Kelas 10 Kurikulum 2013 halaman 228.

Materi PKN kali ini akan membahas tentang Wawasan Nusantara dalam Konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Sebelum melihat kunci jawaban, siswa diminta untuk menjawab pertanyaan dan soal terlebih dahulu sebagai pembelajarannya.




Kunci jawaban mata pelajaran PKN Kelas 10 Kurikulum 2013 pada artikel ini bisa menjadi referensi atau panduan siswa dalam belajar.

Kunci Jawaban PKN Kelas 10 halaman 228 Kurikulum 2013

1. Wawasan Nusantara pada hakikatnya merupakan cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya berdasarkan Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945. Jelaskan bagaimana pentingnya Wawasan Nusantara dalam konteks NKRI?

Jawaban :

Dalam konteks NKRI, Wawasan Nusantara sebagai wawasan nasional bangsa Indonesia dan merupakan perwujudan dari kepulauan Nusantara sebagai satu kesatuan.

BERITA TERKAIT

Sehingga Wawasan Nusantara merupakan hal yang sangat penting dalam konteks NKRI karena menjadi pola yang mendasari cara berpikir, bersikap dan bertindak dalam rangka menangani permasalahan yang menyangkut kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Baca juga: 30 Soal PTS IPS Kelas 8 Semester 1 Kurikulum Merdeka dan Kunci Jawabannya

2. Wawasan Nusantara sebagai visi bangsa menjadikan bangsa Indonesia adalah bangsa yang satu dengan wilayah yang satu dan utuh pula. Berdasarkan hal tersebut jelaskan kedudukan, fungsi dan tujuan dari konsepsi Wawasan Nusantara bagi bangsa Indonesia!

Jawaban :

Kedudukan, Wawasan Nusantara berkedudukan sebagai visi bangsa. Visi bangsa Indonesia sesuai dengan konsep Wawasan Nusantara adalah menjadi bangsa yang satu dengan wilayah yang satu dan utuh pula serta sebagai salah satu konsepsi ketatanegaraan Republik Indonesia.

Fungsi, sebagai landasan visional dalam menyelenggarakan kehidupan nasional bagi penyelenggaraan negara di tingkat pusat, daerah, maupun bagi seluruh rakyat Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Tujuan, mewujudkan nasionalisme yang tinggi di segala aspek kehidupan rakyat Indonesia yang lebih mengutamakan kepentingan nasional daripada kepentingan individu, kelompok golongan, suku bangsa atau daerah.

3. Ketahanan nasional pada hakikatnya bergantung kepada kemampuan bangsa dan negara di dalam mendayagunakan secara optimal gatra alamiah. Jelaskan aspek trigatra dalam Wawasan Nusantara!

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas