Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Buat Pelajar Indonesia, Ini Trik Wujudkan Mimpi Kuliah di Universitas Top di UK

University of Oxford dan University of Cambridge banyak diincar dan jadi impian pelajar Indonesia

Penulis: Anita K Wardhani
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Buat Pelajar Indonesia, Ini Trik Wujudkan Mimpi Kuliah di Universitas Top di UK
Cambridge News
Ilustrasi - Minat pelajar Indonesia melanjutkan kuliah di luar negeri seperti di Inggris Raya (UK) semakin tinggi. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Minat pelajar Indonesia melanjutkan kuliah di luar negeri seperti di Inggris Raya (UK) semakin tinggi. University of Oxford dan University of Cambridge banyak diincar dan jadi impian pelajar Indonesia.

Meski menggapainya tentu tak mudah karena kedua Universitas bergengsi ini terkenal memiliki kompleksitas dan standar yang tinggi.

Untuk mendaftar ke Oxfor atau Cambridge bisa melalui Universities and Colleges Admissions Service (UCAS) dan dalam setahun periode calon mahasiswa/i hanya dapat memilih salah satu dari dua universitas tersebut.

Kesempatan UCAS khusus untuk dua universitas unggulan ini sekarang sedang berlangsung, tepatnya sejak 3 September 2024 dan terbuka hingga 15 Oktober 2024 mendatang.

Demi melanjutkan studi ke luar negeri, kehadiran konsultan pendidikan memainkan fungsi yang semakin penting dalam menjembatani kebutuhan pelajar Indonesia.

Konsultan pendidikan tentu berperan memberikan layanan konsultasi dan berbagai pendampingan menyeluruh, dari memilih program studi dan universitas, pendaftaran, hingga bimbingan terkait persiapan akademik serta logistik keberangkatan.

Salah satu konsultan yang menjalankan pendampingan ini adalah Study in UK (SI-UK) Indonesia.

BERITA REKOMENDASI

Lembaga ini masih terus berperan aktif memfasilitasi generasi muda bangsa yang bercita-cita mengejar ilmu hingga ke Inggris Raya (UK).

Komitmen ini mencerminkan sinergi organisasi dengan kebijakan pemerintah dalam memperluas akses pendidikan berkualitas, sekaligus mempererat hubungan antara Indonesia dan Inggris di sektor akademik.

Baca juga: Pasca Pandemi Covid-19, Tren Pelajar Indonesia Kuliah di Taiwan Meningkat

“Kami berharap muda-mudi kita akan semakin berpeluang untuk menggapai mimpi, mencapai potensi penuh baik secara akademis maupun profesional, hingga kedepannya dapat memberikan kontribusi yang juga signifikan terhadap
pembangunan bangsa," kata Gianti Atmojo, Country Director Study in UK (SI-UK) Indonesia.

Sebagai satu-satunya organisasi pendidikan tinggi Inggris cabang Indonesia yang mewakili seluruh universitas di UK,

Study in UK (SI-UK) Indonesia memiliki kapabilitas untuk memfasilitasi pendaftar ke perguruan tinggi terkemuka, termasuk ke University of Oxford dan University of Cambridge, yang masing-masing menempati peringkat pertama

Baca juga: Kemenag Berikan Beasiswa Kuliah di Luar Negeri, Pendaftaran Mulai 15 Juni 2023


“Untuk mendukung para calon mahasiswa/i, Study in UK (SI-UK) Indonesia menawarkan pendampingan melalui program Oxbridge Applications aplikasi Oxbridge; layanan berbentuk panduan khusus untuk mendaftar ke University of Oxford dan University of Cambridge.

Layanan ini mempersonalisasi persiapan wawancara, bantuan dalam penulisan esai singkat, serta simulasi ujian, sehingga diharapkan bisa membantu pendaftar dalam menghadapi proses seleksi yang sangat kompetitif. (Tribunnews.com/Anita K Wardhani)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas