Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jawaban Cerita Reflektif Modul 2 Topik 3: Ceritakanlah Pengalaman Bapak/Ibu dalam Menerapkan 3 Upaya

Ini jawaban cerita reflektif Modul 2 Topik 3 tentang Bagaimana Mewujudkan Psikologis Warga Sekolah dalam PPG 2024. Ceritakanlah pengalaman Bapak/Ibu.

Penulis: Sri Juliati
Editor: Nanda Lusiana Saputri
zoom-in Jawaban Cerita Reflektif Modul 2 Topik 3: Ceritakanlah Pengalaman Bapak/Ibu dalam Menerapkan 3 Upaya
Kolase Tribunnews.com/Canva
Ini jawaban cerita reflektif Modul 2 Topik 3 tentang Bagaimana Mewujudkan Psikologis Warga Sekolah dalam PPG 2024. Ceritakanlah pengalaman Bapak/Ibu. 

TRIBUNNEWS.COM - Inilah jawaban cerita reflektif dalam Modul 2 Topik 3 tentang Pembelajaran Sosial Emosional (PSE) topik Bagaimana Mewujudkan Psikologis Warga Sekolah dalam PPG 2024.

Dalam Modul 2 Topik 3 PPG 2024, para guru diminta mengisi cerita reflektif tentang Bagaimana Mewujudkan Psikologis Warga Sekolah dalam 50 karakter.

Pertanyaan pada cerita reflektif Modul 2 Topik 3 adalah Ceritakanlah pengalaman Bapak/Ibu dalam menerapkan 3 upaya untuk mengembangkan keterampilan sosial dan emosional (Belajar, Berkolaborasi, dan Menjadi Teladan) yang sudah Bapak/Ibu lakukan di tahapan Aksi Nyata. Tuliskan apa peristiwanya (Peristiwa); Bagaimana perasaan Bapak/Ibu (Perasaan); Apa pembelajaran yang Bapak/Ibu dapatkan (Pembelajaran); dan Apa aksi/tindakan yang akan saya lakukan setelah belajar dari peristiwa ini? (Pembelajaran)

Pertanyaan dalam cerita reflektif Modul 2 Topik 3 muncul di Platform Merdeka Mengajar (PMM) saat para guru mengikuti pelatihan Pendidikan Profesi Guru (PPG) 2024.

Bapak/ibu guru dapat menggunakan kunci jawaban di bawah ini sebagai referensi untuk menjawab cerita reflektif dalam Modul 2 Topik 3 PPG 2024.

Jawaban Cerita Reflektif Modul 2 Topik 3 PSE: Bagaimana Mewujudkan Psikologis Warga Sekolah

Pertanyaan: 

Ceritakanlah pengalaman Bapak/Ibu dalam menerapkan 3 upaya untuk mengembangkan keterampilan sosial dan emosional (Belajar, Berkolaborasi, dan Menjadi Teladan) yang sudah Bapak/Ibu lakukan di tahapan Aksi Nyata. Tuliskan apa peristiwanya (Peristiwa); Bagaimana perasaan Bapak/Ibu (Perasaan); Apa pembelajaran yang Bapak/Ibu dapatkan (Pembelajaran); dan Apa aksi/tindakan yang akan saya lakukan setelah belajar dari peristiwa ini? (Pembelajaran)

Contoh jawaban

Peristiwa: Saya menerapkan Aksi Nyata dengan mengadakan sesi diskusi kelompok di kelas tentang cara mengelola emosi. Saya meminta murid-murid untuk menggambarkan tiga jenis emosi yang paling sering mereka rasakan dan menuliskan nama emosinya. Kami memulai dengan visualisasi enam emosi dasar (senang, marah, sedih, takut, jijik, dan terkejut) untuk membantu mereka mengenali dan memahami emosi tersebut.

Perasaan: Saya merasa sangat antusias dan bersemangat saat melihat murid-murid aktif berpartisipasi dalam diskusi. Dalam konteks ini, saya memastikan bahwa setiap murid mendapat kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya dengan alokasi waktu minimal 10 menit per murid. 

BERITA REKOMENDASI

Diskusi ini berlangsung lebih dari satu kali pertemuan, yang memungkinkan murid untuk menggali dan menceritakan situasi dirinya secara maksimal. Ada rasa bangga ketika melihat mereka mulai memahami dan bisa mengidentifikasi emo mereka sendiri.

Pembelajaran: Dari peristiwa ini, saya belajar bahwa memberikan ruang bagi murid untuk berbicara tentang emosi mereka sangat penting. Diskusi kelompok membantu mereka merasa didengar dan dipahami oleh teman temannya. Saya juga menyadari bahwa visualisasi dan deskripsi singkat sangat membantu murid yang lebih muda dalam memahami konsep emosi.

Aksi/Tindakan yang Akan Dilakukan: Setelah belajar dari peristiwa ini, saya akan terus mengadakan sesi diskusi kelompok secara rutin untuk membahas berbagai topik sosial dan emosional. Saya juga akan mengembangkan lebih banyak alat bantu visual dan aktivitas praktis untuk membantu murid-murid mengelola emosi mereka. Selain itu, saya akan berusaha menjadi teladan yang baik dengan menunjukkan cara mengelola emosi secara positif dalam interaksi sehari-hari di kelas.

Baca juga: Kunci Jawaban Modul 2 Topik 3 Bagaimana Mewujudkan Psikologis Warga Sekolah: Keadaan Emosi

Jawaban alternatif: 

Sebelum saya memepelajari topik ini, saya hanya berpikir, siswa hanya butuh pengetahuan atau kompetensi saja. Sehingga ketika saya mengajar hanya fokus pada pencapaian materi pelajaran dan fokus pada tujuan pembelajaran. 

Peristiwa yang masih teringat adalah saat siswa hanya duduk merenung tidak ada semangat belajar. Perasaan saya saat itu bingung melakukan apa. Namun setelah belajar keterampilan sosial emosional, saya memberikan solusi dengan praktik wellbeing.

Pembelajaran yang saya dapatkan adalah menanyai setiap permasalahan siswa dengan hati tanpa menuduh. Tindakan yang akan saya lakukan adalah mengatasi segala permasalahan siswa dengan mempraktikkan keterampilan sosial emosional. Yaitu menanyai apa masalah yang dihadapi dan berdiskusi. Sehingga siswa bisa menemukan sendiri solusi masalahnya.

Jawaban alternatif: 

PSE adalah proses belajar yang berkaitan dengan pemahaman diri, empati terhadap orang lain, serta kemampuan berinteraksi dan berkomunikasi secara efektif. 

Kompetensi sosial emosional (KSE) juga memiliki peran penting dalam kehidupan sekolah. Warga sekolah dengan KSE yang baik dapat mengelola emosi mereka dengan baik, berinteraksi dengan orang lain dengan efektif, membuat keputusan yang tepat dalam situasi sosial yang kompleks.

*) Disclaimer: kunci jawaban Cerita Reflektif Modul 2 Topik 3 dalam PPG 2024, PSE: Bagaimana Mewujudkan Psikologis Warga Sekolah dalam artikel ini hanya sebagai referensi bagi guru yang mengikuti PPG Daljab 2024 untuk mengerjakan di PMM.

(Tribunnews.com/Sri Juliati)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas