Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Pertamina Siapkan Rp 1M Untuk Kompetisi Sobat Bumi Kategori Teori Sains

PT Pertamina (Persero) meningkatkan jumlah hadiah hingga Rp 1 Miliar untuk Kompetisi Sobat Bumi katagori Teori Sains

Pertamina Siapkan Rp 1M Untuk Kompetisi Sobat Bumi Kategori Teori Sains
dok. Pertamina

TRIBUNNEWS.COM - PT Pertamina (Persero) meningkatkan jumlah hadiah hingga Rp 1 Miliar untuk Kompetisi Sobat Bumi katagori Teori Sains. Langkah tersebut dilakukan karena animo dari para peserta mahasiswa begitu tinggi. Terlihat dari jumlah calon peserta yang mencapai 12.799 mahasiswa dari 134 universitas dan sekolah tinggi di Indonesia.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima pada Kamis, (12/11/2020) siang, penambahan jumlah hadiah dilakukan oleh Pertamina untuk meningkatkan semangat para peserta agar terus berprestasi dan menjadi pemenang di kompetisi tersebut.

Selain itu, pihak Pertamina juga menjelaskan Kompetisi Sobat Bumi diselenggarakan untuk mengembangkan bibit unggul Indonesia dalam menciptakan inovasi dibidang energi yang ramah lingkungan. Dimana program Kompetisi Sobat Bumi akan mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDgs) dengan memberikan pendidikan serta pelatihan yang berkualitas.

“Program Kompetisi Sobat Bumi merupakan bentuk nyata penerapan SDGs Goal 4, yaitu Quality Education, yang bertujuan untuk peningkatan kualitas pendidikan,” ujar Manager Corporate Social Responsibility (CSR), Dian Hapsari.

Sementara itu, Dian Hapsari menjelaskan, untuk kategori Teori Sains diperuntukkan bagi seluruh mahasiswa dari berbagai universitas dan semua jurusan.

Dalam perlombaan tersebut terdapat dua tahapan pengujian, yaitu seleksi daerah tingkat provinsi yang berlangsung pada 11-12 November 2020 dan secara nasional 8-10 Desember 2020 mendatang.

Lebih detail untuk tingkat provinsi, babak penyisihan dilakukan dengan cara Computer Based Test (CBT) yang dilakukan dari di tempat setiap peserta. Selanjutnya untuk tingkat nasional akan dibagi menjadi dua tahap, yaitu seleksi semi final dan grand final.

Pihak Pertamina juga menjelaskan, Kompetisi Sobat Bumi juga menyediakan kategori Proyek Inovasi EBT yang para pesertanya adalah para peneliti, dosen, praktisi, penggiat energi, dan masyarakat dengan ketertarikan terhadap energi baru terbarukan. Hadirnya kategori itu berkat adanya kerja sama antara Pertamina dengan Program PF Sains.

Nantinya para pemenang dari Kategori Proyek Inovasi EBT hasil karyanya akan diterapkan atau diimplementasi secara langsung di daerah-daerah terisolir dan membutuhkan energi.

“Ke depannya, Pertamina akan terus mengembangkan Kompetisi Sobat Bumi agar bisa menjadi wadah bagi seluruh masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda, agar bisa terus mengeksplorasi daya pikir atau logikanya dalam menciptakan inovasi energi baru dan terbarukan, yang manfaatnya bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat Indonesia dan dunia,” tutup Dian.

Ikuti kami di
Admin: Sponsored Content
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas