Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Peringati HUT ke-63 Pertamina, Rumah BUMN Gelar Klinik Bisnis Online Serentak Seluruh Indonesia

Dalam pemaparannya, Masmono banyak menyampaikan terkait beberapa motivasi kenapa harus punya usaha.

Peringati HUT ke-63 Pertamina, Rumah BUMN Gelar Klinik Bisnis Online Serentak Seluruh Indonesia
Pertamina
Pertamina. 

TRIBUNNEWS.COM - Tepat pada Kamis tanggal 10 Desember 2020 PT Pertamina (Persero) genap berusia 63 tahun. Dalam usianya yang semakin matang, Pertamina semakin gencar menebar energi positif, terutama kepada para UMKM mitra binaannya. Hal ini diwujudkan dalam bentuk penyelenggaraan Klinik Bisnis Online Nasional oleh Rumah BUMN (RB) edisi HUT ke-63 Pertamina.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, Klinik Bisnis kali ini digelar secara nasional dan serentak untuk 29 Rumah BUMN di seluruh Indonesia. Sehingga para UMKM mitra binaan di bawah naungan RB dapat mengikuti secara leluasa. “Dalam edisi spesial ini, kami angkat tema dan narasumber yang spesial pula, yakni Pedas Manis Bisnis “Ayam Bakar Mas Mono”,” tuturnya.

Dalam pemaparannya, Masmono banyak menyampaikan terkait beberapa motivasi kenapa harus punya usaha. Menurutnya, banyak keuntungan yang bisa didapat. Seperti, punya kebebasan waktu, melatih jiwa entrepreneurship, hingga menyediakan lapangan pekerjaan. “Ini yang saya rasa cukup penting, dengan menjadi pengusaha tidak hanya menguntungkan diri sendiri tapi juga membawa manfaat untuk orang lain,” ujar Masmono.

Penerima penghargaan Young and Creative Entrepreneur dari Menteri UKM pada tahun 2012 ini menambahkan, bahwa dalam memulai suatu usaha, seseorang tidak perlu takut pada risiko yang akan terjadi. “Saya pernah digusur, tapi itu bukan suatu kegagalan. Malah saya jadikan cambuk sampai akhirnya saya bisa punya 65 cabang hingga mewujudkan mimpi-mimpi saya,” ujarnya.

Sementara itu, Fajriyah menambahkan, antusiasme para peserta Klinik Bisnis Online Nasional kali ini cukup tinggi. Dari data registrasi yang diterima panitia, terdapat sekitar 350 peserta yang mengikuti kegiatan tersebut. Mereka tersebar dari 29 RB di Indonesia mulai dari Aceh Timur Hingga Minahasa Selatan.

Salah satu peserta Klinik Bisnis Online RB ini adalah Sri Mujiatim. Pemilik UMKM Batik Cempaka dari RB Mojokerto ini menyampaikan, banyak manfaat yang diterima setelah mengikuti kegiatan virtual tersebut. Menurutnya, semangat berbisnisnya semakin berkobar usai mendengarkan paparan dari narasumber. Serta akan berusaha menerapkan tips dan triks berwirausaha seperti yang disampaikan Masmono.

Pertamina dengan semangat “Energizing You” kali ini, akan terus membantu UMKM Indonesia agar mempunyai daya saing dan berdikari. Sehingga dapat menjadi UMKM yang tangguh, unggul, dan mandiri. Juga, sebagai bentuk implementasi Goal 8 Sustainable Development Goals (SDGs), yakni mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan serta tenaga kerja penuh dan produktif. “Di mana diharapkan dapat membantu masyarakat mendapat pekerjaan yang layak dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional,” tutup Fajriyah.

Ikuti kami di
Editor: Content Writer
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas