Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Desa Energi Berdikari Pertamina Berhasil Raih Penghargaan Terbaik Indonesia’s SDG Action Awards 2024

Desa Energi Berdikari dari Pertamina berhasil meraih penghargaan terbaik di ajang Indonesia’s SDG Action Awards 2024.

Editor: Content Writer
zoom-in Desa Energi Berdikari Pertamina Berhasil Raih Penghargaan Terbaik Indonesia’s SDG Action Awards 2024
Istimewa
Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menerima Penghargaan Terbaik 1 kategori Perusahaan Besar program Desa Energi Berdikari pada acara “Indonesia ‘s SDG Action Awards 2024” yang diselenggarakan di Jakarta, Senin (7/9/2024). 

TRIBUNNEWS.COM - Program Desa Energi Berdikari yang dijalankan PT Pertamina (Persero) berhasil meraih penghargaan Terbaik 1 dalam ajang Indonesia‘s SDG Action Awards 2024. 

Adapun penghargaan tersebut diserahkan Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin didampingi Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Menteri PPN/Kepala Bappenas) Suharso Monoarfa kepada Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati di Jakarta, Senin (7/9/2024).

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin menegaskan pentingnya mempercepat pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (TPB/SDGs) dengan fokus pada pengembangan industri hijau dan inovasi digital yang berkelanjutan.

“SDGs bukan hanya soal mencapai target, tetapi soal menciptakan masa depan yang lebih adil dan berkelanjutan. Oleh karena itu, mari kita bergerak maju dengan semangat yang baru, dengan inovasi yang segar, dan tekad untuk memberikan perubahan yang terbaik dan lebih bermakna bagi bangsa Indonesia dan dunia,” ujar Wapres Ma’ruf.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menyampaikan apresiasi kepada seluruh Perwira Pertamina yang telah mewujudkan Desa Energi Berdikari di berbagai wilayah di Indonesia.  

Baca juga: Pertamina Ditunjuk sebagai Secretary In Charge dalan Gelaran ASCOPE 2024-2029

“Ini merupakan perjalanan yang dilakukan bersama-sama. Penghargaan ini dipersembahkan kepada Perwira Pertamina dan tentunya ini harus menjadi penambah semangat dan motivasi untuk terus mewujudkan Desa Energi Berdikari di seluruh Indonesia," ujar Nicke.

Nicke berharap SDGs harus masuk ke dalam seluruh proses lini bisnis Pertamina dari hulu sampai hilir. "Ini yang harus kemudian kita hitung betul dan monitor, selanjutnya kita lakukan target dan pencapaian-pencapaian secara detail oleh seluruh Pertamina Grup, agar dampaknya lebih besar lagi, baik bagi Pertamina, Indonesia, maupun untuk dunia," imbuh Nicke.

BERITA REKOMENDASI

Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengatakan, Desa Energi Berdikari merupakan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang bertujuan mendukung ketahanan energi berbasis energi baru terbarukan, sekaligus peningkatan perekonomian masyarakat pedesaan.

“Pertamina telah mengembangkan Desa Energi Berdikari di 85 titik di seluruh Indonesia dengan mengoptimalkan energi terbarukan seperti tenaga surya, gas metana dan biogas, mikro hidro, biodiesel serta energi hybrid dari energi surya dan angin,” ujar Fadjar.

Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDGs). Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.

Baca juga: Kepemimpinan Nicke Widyawati di Pertamina Diakui Dunia, Masuk Fortune’s Most Powerful Women 2024

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas