Selebrasi Lokal 2022

Piala Dunia 2022

Andai Jerman Tersingkir di Piala Dunia 2022, Catatan Kelam Der Panzer Terukir Bersama Hansi Flick

Andai Timnas Jerman tersingkir pada babak penyisihan grup Piala Dunia 2022, catatan kelam berpotensi diukir tim berjuluk Der Panzer tersebut.

Penulis: Dwi Setiawan
Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
zoom-in Andai Jerman Tersingkir di Piala Dunia 2022, Catatan Kelam Der Panzer Terukir Bersama Hansi Flick
AFP/INA FASSBENDER
Para pemain Timnas Jerman menutup mulut saat berpose untuk berfoto dalam laga sepak bola Grup E Piala Dunia 2022 Qatar antara Jerman melawan Jepang di Stadion Internasional Khalifa, di Doha, Qatar, Rabu (23/11/2022) waktu setempat. AFP/INA FASSBENDER 

TRIBUNNEWS.COM - Andai Timnas Jerman tersingkir pada babak penyisihan grup Piala Dunia 2022, catatan kelam berpotensi diukir tim berjuluk Der Panzer tersebut.

Seperti diketahui posisi Jerman saat ini benar-benar dalam bahaya tepatnya di Grup E Piala Dunia 2022.

Jerman yang diasuh Hansi Flick masih menjadi satu-satunya tim yang belum meraih poin setelah kalah pada laga perdana di grup tersebut.

Baca juga: Prediksi Skor Spanyol vs Jerman 2-0, Alasan Der Panzer Bisa Angkat Koper dari Piala Dunia 2022 Qatar

Para pemain Timnas Jerman menutup mulut saat berpose untuk berfoto dalam laga sepak bola Grup E Piala Dunia 2022 Qatar antara Jerman melawan Jepang di Stadion Internasional Khalifa, di Doha, Qatar, Rabu (23/11/2022) waktu setempat. AFP/INA FASSBENDER
Para pemain Timnas Jerman menutup mulut saat berpose untuk berfoto dalam laga sepak bola Grup E Piala Dunia 2022 Qatar antara Jerman melawan Jepang di Stadion Internasional Khalifa, di Doha, Qatar, Rabu (23/11/2022) waktu setempat. AFP/INA FASSBENDER (AFP/INA FASSBENDER)

Kekalahan melawan Jepang pada laga pertama memang menjadi kejutan tersendiri bagi Jerman di Piala Dunia edisi kali ini.

Apalagi kekalahan itu diwarnai berbagai momen kontroversi yang dilakukan Jerman, termasuk protes mereka terhadap ban kapten pelangi yang dilarang penyelenggara.

Kini, Timnas Jerman benar-benar dalam situasi genting jelang menghadapi Spanyol, Senin (28/11/2022) dinihari nanti.

Dengan kemenangan yang baru saja diraih Kosta Rika melawan Jepang, Jerman harus menang melawan Spanyol jika ingin lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar.

Jika gagal meraih poin sama sekali, harapan Jerman untuk bisa melaju lebih jauh di Piala Dunia 2022 sepertinya sudah sirna.

Andai Jerman benar-benar tersingkir di babak penyisihan grup Piala Dunia 2022, maka hal itu akan menjadi catatan kelam bagi tim berjuluk Der Panzer tersebut.

Catatan kelam itu meliputi kegagalan beruntun Jerman lolos dari babak penyisihan grup setelah sebelumnya gagal di Piala Dunia 2018 Rusia.

Pelatih kepala Timnas Jerman Jerman Hansi Flick mengambil bagian dalam sesi latihan di ibu kota Oman, Muscat, pada 15 November 2022, menjelang pertandingan sepak bola persahabatan menjelang Piala Dunia 2022 antara Oman vs Jerman di Kompleks Olahraga Sultan Qaboos stadion.
Pelatih kepala Timnas Jerman Jerman Hansi Flick mengambil bagian dalam sesi latihan di ibu kota Oman, Muscat, pada 15 November 2022, menjelang pertandingan sepak bola persahabatan menjelang Piala Dunia 2022 antara Oman vs Jerman di Kompleks Olahraga Sultan Qaboos stadion. (HAITHAM AL-SHUKAIRI/AFP)

Catatan kelam lainnya yakni hilangnya kesempatan Jerman untuk mengejar perolehan trofi milik Brasil sebagai tim tersukses Piala Dunia.

Perlu diketahui, Jerman hanya terpaut satu trofi saja dari Brasil sebagai negara tersukses dalam sejarah Piala Dunia yang sudah mengoleksi lima gelar.

Alhasil jika Jerman tumbang, maka peluang untuk menyamai jumlah trofi Brasil juga karam.

Catatan kelam yang terakhir tentu menyoal soal kegagalan Hansi Flick mengemban tugas untuk memperbaiki citra Jerman setelah tersingkir tragis di Piala Dunia edisi sebelumnya.

Padahal, keberadaan Hansi Flick sebenarnya diharapkan bisa mengembalikan harga diri Jerman sebagai salah satu tim tersukses Piala Dunia.

Nyatanya, eks pelatih Bayern Munchen itu malah berada dalam situasi terpojok lantaran Jerman terancam gagal lolos babak penyisihan grup Piala Dunia edisi kali ini.

(Tribunnews.com/Dwi Setiawan)

Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
Klasemen
Group A
Tim
P
1
Belanda
7
2
Senegal
6
3
Ecuador
4
4
Qatar
0
Group B
Tim
P
1
Inggris
7
2
Amerika serikat
5
3
Iran
3
4
Wales
1
Group C
Tim
P
1
Argentina
6
2
Poland
4
3
Mexico
4
4
Saudi Arabia
3
Group D
Tim
P
1
Prancis
6
2
Australia
6
3
Tunisia
4
4
Denmark
1
Group E
Tim
P
1
Jepang
6
2
Spanyol
4
3
Jerman
4
4
Costa Rica
3
Group F
Tim
P
1
Morocco
7
2
Croatia
5
3
Belgia
4
4
Canada
0
Group G
Tim
P
1
Brazil
6
2
Swiss
6
3
Cameroon
4
4
Serbia
1
Group H
Tim
P
1
Portugal
6
2
Korea Selatan
4
3
Uruguay
4
4
Ghana
3
© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas