Selebrasi Lokal 2022

Piala Dunia 2022

Andai Spanyol Gagal Lolos ke 16 Besar Piala Dunia 2022, Luis Enrique Terancam Serangan Jantung

Pelatih Timnas Spanyol, Luis Enrique merasa dirinya bisa kena serangan jantung jika mengetahui bahwa tim Matador terancam gagal lolos ke 16 besar.

Penulis: Dwi Setiawan
Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
zoom-in Andai Spanyol Gagal Lolos ke 16 Besar Piala Dunia 2022, Luis Enrique Terancam Serangan Jantung
AFP/PHILIP FONG
Gelandang Spanyol Pedri (kiri) berebut bola dengan gelandang Jepang Ao Tanaka (17) selama pertandingan sepak bola Grup E Piala Dunia Qatar 2022 antara Jepang dan Spanyol di Stadion Internasional Khalifa di Doha pada 1 Desember 2022. Luis Enrique merasa dirinya bisa kena serangan jantung jika mengetahui bahwa tim Matador terancam gagal lolos ke 16 besar.(Philip FONG / AFP) 

TRIBUNNEWS.COM - Pengakuan menarik disampaikan Luis Enrique setelah gagal menghindarkan Spanyol dari kekalahan melawan Jepang pada matchday terakhir Grup F Piala Dunia 2022, Jumat (2/12/2022) dinihari tadi.

Luis Enrique mengaku dirinya tidak sadar jika Spanyol sempat terancam gagal lolos babak penyisihan grup saat kalah melawan Jepang.

Bahkan, pelatih asli Spanyol itu merasa dirinya bisa kena serangan jantung jika mengetahui bahwa tim Matador benar-benar sempat berada pada posisi tersebut.

Baca juga: Akhir Drama Grup Neraka Piala Dunia 2022: Jepang Kudeta Spanyol, Kosta Rika Hampir Lolos

Pelatih Spanyol Luis Enrique memberikan konferensi pers di Amman pada 16 November 2022, sehari sebelum Spanyol menghadapi Yordania dalam pertandingan persahabatan di ibu kota Yordania.
Pelatih Spanyol Luis Enrique memberikan konferensi pers di Amman pada 16 November 2022, sehari sebelum Spanyol menghadapi Yordania dalam pertandingan persahabatan di ibu kota Yordania. (Khalil MAZRAAWI / AFP)

Luis Enrique mengatakan hal demikian lantaran dirinya benar-benar tidak mempedulikan hasil laga tim lainnya yang digelar dalam waktu bersamaan.

"Kami tersingkir? Saya tidak memperhatikan laga lainnya, kapan itu terjadi? Saya benar-benar tidak tahu itu," tanya Enrique dalam konferensi pers pasca laga melawan Jepang, dikutip ESPN.

"Jika saya mengetahuinya, sepertinya saya akan mengalami serangan jantung," tambahnya.

Posisi Spanyol memang sempat berada pada situasi bahaya setelah Kosta Rika mengungguli Jerman pada laga lainnya di Grup E.

Pada menit ke-58, Kosta Rika mampu berbalik unggul 2-1 melawan Jerman setelah Manuel Neuer mencetak gol bunuh diri pada laga lainnya.

Konsekuensi yang didapatkan Spanyol pada menit tersebut adalah posisi tim Matador turun ke posisi ketiga dan terancam gagal lolos ke 16 besar.

Hal ini dikarenakan dalam waktu bersamaan, Spanyol juga tertinggal dengan skor 2-1 dari Jepang.

Gelandang Kosta Rika Yeltsin Tejeda (Kiri) berdebat dengan wasit asal Prancis Stephanie Frappart (Kanan) di samping gelandang Jerman Jamal Musiala selama pertandingan sepak bola Grup E Piala Dunia Qatar 2022 antara Kosta Rika dan Jerman di Stadion Al-Bayt di Al Khor, utara Doha. Kamis (1 Desember 2022). (KARIM JAAFAR/AFP)
Gelandang Kosta Rika Yeltsin Tejeda (Kiri) berdebat dengan wasit asal Prancis Stephanie Frappart (Kanan) di samping gelandang Jerman Jamal Musiala selama pertandingan sepak bola Grup E Piala Dunia Qatar 2022 antara Kosta Rika dan Jerman di Stadion Al-Bayt di Al Khor, utara Doha. Kamis (1 Desember 2022). (KARIM JAAFAR/AFP) (AFP/KARIM JAAFAR)

Seandainya skor tersebut bertahan sampai akhir pertandingan, Spanyol dan Jerman sama-sama gagal lolos ke 16 besar.

Hal ini dikarenakan posisi pertama dan kedua sama-sama ditempati oleh Jepang dan Kosta Rika yang mengoleksi enam poin.

Hanya saja Spanyol tampaknya perlu berterima kasih kepada Jerman yang sukses membalikkan keadaan saat melawan Kosta Rika.

Jerman secara brilian sukses mengalahkan Kosta Rika lewat kemenangan comeback dengan skor 2-4.

Reaksi bek Jerman Lukas Klostermann pada akhir pertandingan sepak bola Grup E Piala Dunia Qatar 2022 antara Kosta Rika dan Jerman di Stadion Al-Bayt di Al Khor, utara Doha pada 1 Desember 2022. (Ina Fassbender / AFP)
Reaksi bek Jerman Lukas Klostermann pada akhir pertandingan sepak bola Grup E Piala Dunia Qatar 2022 antara Kosta Rika dan Jerman di Stadion Al-Bayt di Al Khor, utara Doha pada 1 Desember 2022. (Ina Fassbender / AFP) (AFP/INA FASSBENDER)
Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
Klasemen
Group A
Tim
P
1
Belanda
7
2
Senegal
6
3
Ecuador
4
4
Qatar
0
Group B
Tim
P
1
Inggris
7
2
Amerika serikat
5
3
Iran
3
4
Wales
1
Group C
Tim
P
1
Argentina
6
2
Poland
4
3
Mexico
4
4
Saudi Arabia
3
Group D
Tim
P
1
Prancis
6
2
Australia
6
3
Tunisia
4
4
Denmark
1
Group E
Tim
P
1
Jepang
6
2
Spanyol
4
3
Jerman
4
4
Costa Rica
3
Group F
Tim
P
1
Morocco
7
2
Croatia
5
3
Belgia
4
4
Canada
0
Group G
Tim
P
1
Brazil
6
2
Swiss
6
3
Cameroon
4
4
Serbia
1
Group H
Tim
P
1
Portugal
6
2
Korea Selatan
4
3
Uruguay
4
4
Ghana
3
© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas