Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Selebrasi Lokal 2022

Argentina vs Prancis: Tarian Terakhir

Memenangkan Piala Dunia adalah impian tertinggi dari setiap pemain bola; dan bagi The Messiah, mengangkat trofi itu tak hanya untuk membungkam kritik

Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
zoom-in Argentina vs Prancis: Tarian Terakhir
AFP/JACK GUEZ
Lionel Messi merayakan gol pertama timnya dari titik penalti selama pertandingan semifinal Piala Dunia Qatar 2022 antara Argentina dan Kroasia di Stadion Lusail di Lusail, utara Doha. Selasa (13 Desember 2022). (JACK GUEZ / AFP) 

oleh: Willy Kumurur, penikmat bola

TRIBUNNEWS.COM - Pada akhirnya adalah final! Dan Sang Final itu sudah datang.

Ia telah tiba di Lusail Iconic Stadium! Ia hanya menyapa dan menjemput dua tim untuk memainkan laga akhir: Argentina dan Prancis.




Di rerumputan hijau stadion itu, akan terjadi “pengadilan”; dan Sang Final akan memberi kesempatan kepada masing-masing tim untuk menyampaikan “pembelaan” nya sebelum ia menjatuhkan keputusannya atas siapa dari antara kedua tim yang boleh masuk ke dalam kebahagiaan puncak.

Sebuah situasi psikologis yang akan mewarnai historikal Lusail Iconic Stadium.

Dua belas tahun lalu, tatkala pasukan Barcelona sedang berlatih di Ciutat Esportiva Joan Gamper, Lionel Messi bertanya kepada Xavi Hernandez, Andres Iniesta dan Gerard Pique, yang baru saja memenangkan Piala Dunia 2010, bagaimana rasanya mengangkat trofi?

“Kami tak bisa menjelaskan kebahagiaan puncak tatkala mencium trofi itu,” jawab Xavi, Iniesta dan Pique.

BERITA TERKAIT

Banyak trofi yang telah dikoleksi oleh Messi: 7 trofi Ballon d’Or, 4 trofi Liga Champions, Piala Dunia antar klub, trofi juara Olimpiade, trofi Piala Dunia U-20, Copa America, Finalissima, Piala Liga dan trofi bergengsi lainnya.

Namun trofi Piala Dunia belum pernah diraihnya sekalipun.

“Sebagai pemain, memenangkan Piala Dunia adalah segalanya. Sesuatu yang diimpikan oleh siapapun, termasuk aku sejak masih kanak-kanak; dan impian itu tak pernah hilang,” ujar Messi menjelang Argentina memainkan laga final melawan Jerman di Estadio Maracana – Brazil pada 2014.

Baca juga: Messi Bergulat dengan Bayangan Maradona, Laga Bersejarah La Pulga di Final Piala Dunia 2022

“Kami akan melakukan segalanya untuk mewujudkan impian ini. Bermain di final Piala Dunia dengan atmosfer yang luar biasa di Maracana adalah sesuatu yang diimpikan oleh setiap pemain.” Sejarah mencatat, Messi dan Argentina menangis kala itu ditaklukkan Jerman 0-1.

Memenangkan Piala Dunia adalah impian tertinggi dari setiap pemain bola; dan bagi The Messiah, mengangkat trofi itu tak hanya untuk membungkam kritik banyak pihak yang mengatakan apa artinya kesuksesannya bersama Barcelona, jika ia tak berkutik di ajang Piala Dunia.

Apalagi, panggung Piala Dunia ini adalah tempat pementasan tarian terakhir Messi.

Penyerang Argentina Lionel Messi merayakan gol pertamanya dari titik penalti pada pertandingan semifinal Piala Dunia Qatar 2022 antara Argentina dan Kroasia di Stadion Lusail di Lusail, utara Doha. Selasa  pada 13 Desember 2022. (JUAN MABROMATA/AFP)
Penyerang Argentina Lionel Messi merayakan gol pertamanya dari titik penalti pada pertandingan semifinal Piala Dunia Qatar 2022 antara Argentina dan Kroasia di Stadion Lusail di Lusail, utara Doha. Selasa pada 13 Desember 2022. (JUAN MABROMATA/AFP) (AFP/JUAN MABROMATA)

Lawan Argentina, adalah juara bertahan bermental juara, Prancis, yang tengah diperkuat generasi emasnya.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
Klasemen
Group A
Tim
P
1
Belanda
7
2
Senegal
6
3
Ecuador
4
4
Qatar
0
Group B
Tim
P
1
Inggris
7
2
Amerika serikat
5
3
Iran
3
4
Wales
1
Group C
Tim
P
1
Argentina
6
2
Poland
4
3
Mexico
4
4
Saudi Arabia
3
Group D
Tim
P
1
Prancis
6
2
Australia
6
3
Tunisia
4
4
Denmark
1
Group E
Tim
P
1
Jepang
6
2
Spanyol
4
3
Jerman
4
4
Costa Rica
3
Group F
Tim
P
1
Morocco
7
2
Croatia
5
3
Belgia
4
4
Canada
0
Group G
Tim
P
1
Brazil
6
2
Swiss
6
3
Cameroon
4
4
Serbia
1
Group H
Tim
P
1
Portugal
6
2
Korea Selatan
4
3
Uruguay
4
4
Ghana
3
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas