Tribun

Pilkada Serentak 2020

Gibran Resmi Diusung PDIP di Pilkada Solo, Menilik Tanggapan Jokowi Jika Putranya Terjun ke Politik

Jokowi menyebut anaknya belum tertarik memasuki dunia politik. Namun belakangan Jokowi menyatakan akan mendukung jika anaknya memutuskan jadi politisi

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Gibran Resmi Diusung PDIP di Pilkada Solo, Menilik Tanggapan Jokowi Jika Putranya Terjun ke Politik
TRIBUN/HO/Tim Komunikasi dan Medsos Gibran
Putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka (kiri) bersama Ketua DPC PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo (kanan) menghadiri acara pengumuman rekomendasi pasangan calon yang diusung PDI-P pada Pilkada Serentak 2020, oleh DPD PDI-P Jateng, Jumat (17/7/2020). Pasangan Gibran-Teguh direkomendasikan oleh DPP PDI-P untuk terjun dalam ajang Pilkada Solo. TRIBUNNEWS/HO/Tim Komunikasi dan Medsos Gibran 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PDI Perjuangan secara resmi mengumumkan mengusung Gibran Rakabuming Raka, Putra sulung Presiden Joko Widodo dalam pemilihan kepala daerah Solo 2020, Jumat (17/7/2020) kemarin.

Gibran akan dipasangkan dengan Teguh Prakosa dalam kontestasi tingkat daerah tersebut.

Dengan pencalonan ini, maka Gibran mengikut jejak Jokowi yang mulanya pengusaha, lalu bergabung dengan PDI-P dan maju di Pilwalkot Solo.

Jokowi sebelumnya sempat beberapa kali bicara soal peluang anak-anaknya terjun ke politik mengikuti jejaknya.

Awalnya, Jokowi menyebut anak-anaknya belum tertarik memasuki dunia politik. Namun belakangan Jokowi menyatakan akan mendukung jika anaknya memutuskan menjadi politisi.

Baca: Jadi Calon Wali Kota Solo, Gibran Bakal Diantar FX Rudy Sowan ke Achmad Purnomo

Berikut rangkumannya seperti dikutip dari Kompas.com:

Belum Punya Feeling

Jokowi sempat menyinggung peluang anak-anaknya terjun ke dunia politik pada 8 Desember 2018 lalu. Saat itu, Jokowi sekeluarga tengah berbincang santai dengan wartawan di Green Garden Cafe, Kebun Raya Bogor.

Jokowi menyebut, kedua putranya, yakni Gibran Rakabuming Raka maupun Kaesang Pangarep belum punya ketertarikan untuk terjun ke dunia politik.

"Kalau saya lihat, sebagai bapaknya anak-anak, kan sering ngobrol, Gibran ini belum, feeling politiknya belum ada. Masih senang 100 persen di dunia usaha. Kelihatannya belum ingin masuk (politik)," kata Jokowi.

"Kaesang apalagi (belum tertarik dengan politik), masih senangnya buka cabang di sana, buka di sini," sambung dia.

Jokowi justru menilai menantunya, Bobby Nasution, yang sudah tertarik mengikuti jejaknya untuk masuk ke dunia politik.

"Yang saya lihat feeling politik sudah mulai masuk itu Bobby. Dikit-dikit sudah. Lebih ada keinginan. Bicara politik juga sudah ada. Yang lain belum," kata dia.

Tidak Melarang

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas