Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jokowi Diprediksi Sulit Perankan Diri sebagai Ayahanda Gibran yang Tak Mau Anaknya Kalah

Gibran bersama Teguh Prakoso diusung PDI Perjuangan untuk maju dalam pemilihan wali kota Solo pada Pilkada 9 Desember 2020 mendatang.

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Jokowi Diprediksi Sulit Perankan Diri sebagai Ayahanda Gibran yang Tak Mau Anaknya Kalah
kolase Tribunnews dan Youtube
Presiden Jokowi dan Gibran Rakabuming 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengamat komunikasi politik Universitas Paramadina Hendri Satrio mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan kesulitan saat berperan sebagai ayahanda dari Gibran Rakabuming Raka.

Diketahui, Gibran bersama Teguh Prakoso diusung PDI Perjuangan untuk maju dalam pemilihan wali kota Solo pada Pilkada 9 Desember 2020 mendatang.

"Kalau sebagai kepala pemerintahan saya sih yakin Jokowi sudah mengerti lah apa yang harus dilakukan untuk Gibran. Artinya tidak intervensi dan lainnya. Tapi yang sulit menurut saya, saat Jokowi memerankan diri sebagai ayahanda," ujar Hendri, ketika dihubungi Tribunnews.com, Senin (20/7/2020).

Baca: PDIP Calonkan Gibran-Teguh, Achmad Purnomo Cukur Kumis dan Jenggot: Sudah Lepas, Sudah Los




Hendri menilai akan sangat wajar ketika Jokowi selaku ayah Gibran menginginkan anaknya tidak kalah dalam kontestasi politik.

Namun, hal itu dapat menjadi polemik. Lantaran dirinya sendiri adalah pemimpin pemerintahan dan pemimpin negara Indonesia.

"Sebagai ayahanda, wajar kalau kemudian merasa tidak ingin anaknya kalah. Jadi saat memerankan peran sebagai ayahanda ini yang menurut saya akan cukup menantang dilakukan oleh pak Jokowi," kata dia.

"Bagaimana memerankan sebagai ayah tapi tidak melibatkan kepentingan dirinya yang memegang dua jabatan penting sebagai pemimpin pemerintahan dan pemimpin negara," imbuh Hendri.

BERITA TERKAIT

Meski demikian, Hendri meyakini Jokowi tak perlu memberikan dukungan apapun kepada Gibran.

Kharisma Jokowi selaku ayah Gibran dirasa sudah lebih dari cukup.

"Juga karena Gibran elektabilitas dan popularitasnya tinggi di Solo. Ditambah lagi dengan kekuatan besar yang dimiliki oleh PDI Perjuangan di Solo, itu kan basisnya PDI Perjuangan. Saya sih mendoakan supaya pak Jokowi bisa memainkan peran sebagai ayahanda dan sebagai pemimpin negara serta pemerintahan dengan baik dan adil," tandasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas