Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pengurus PBB Jawa Timur Sebut Siap Amankan Dukungan untuk Jokowi - Ma'ruf Amin

Masduki menyebut putusan mengusung Jokowi telah diambil sejak 19 Januari 2019 melalui rapat pleno Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PBB.

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Pengurus PBB Jawa Timur Sebut Siap Amankan Dukungan untuk Jokowi - Ma'ruf Amin
SURYA/BOBBY
Ketua DPW PBB Jatim Mohammad Masduki saat menghadiri konsolidasi partai di Sampang, beberapa waktu lalu. PBB akhirnya menjatuhkan dukungan kepada pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin pada Pilpres 2019. 

TRIBUNNEWS.COM, SURABAYA - Partai Bulan Bintang (PBB) telah resmi mendukung Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 01, Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin. Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PBB Jawa Timur pun siap menindaklanjuti putusan tersebut.

"Sebagai tindak lanjut, kami akan terlibat dalam langkah pemenangan Jokowi-Ma'ruf di Jatim. Semua jajaran partai harus mengamankan dan menjalankan misi partai," tegas Ketua DPW PBB Jatim, Mohammad Masduki kepada Surya.co.id ketika dikonfirmasi dari Surabaya, Minggu (27/1/2019).

Masduki bersama beberapa pengurus DPW PBB Jatim yang lain juga tengah mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) PBB di Jakarta. Namun, menurut Masduki, putusan mengusung Jokowi diputuskan bukan melalui forum tersebut.

Masduki menyebut putusan mengusung Jokowi telah diambil sejak 19 Januari 2019 melalui rapat pleno Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PBB. "Rakornas hari ini tinggal membacakan putusan dari rapat pleno tersebut," jelasnya.

Meskipun hanya melalui rapat pleno, Masduki menegaskan bahwa pengambilan keputusan itu telah sesuai dengan AD/ART partai berlambang bulan dan bintang ini. Apalagi, seluruh jajaran pengurus mulai dari majelis syuro, pimpinan pusat, mahkamah partai juga hadir pada rapat pleno itu.

"Rapat pleno itu juga mendengarkan masukan dari pengurus di wilayah. Baik untuk DPW maupun DPC (Dewan Pimpinan Cabang)," terangnya.

Selain itu, pihaknya menjelaskan bahwa satu di antara alasan pihaknya mendukung Jokowi-Ma'ruf disebabkan persamaan ideolegi kepartaian. "Visi dan misi beliau cocok dengan partai kami," sebut Calon Legislatif untuk DPR RI ini.

BERITA REKOMENDASI

Selain itu, pihaknya juga menilai strategi ini dapat mendukung pencapaian target partainya. Di antaranya, meraih empat persen perolehan suara atau ambang batas parlemen (parliamentary threshold).

"PBB bersama Jokowi-Ma'ruf optimistis membuat pemilu berjalan jujur dan adil. Kalau pemilu dapat jujur dan adil, kami optimistis bisa meraih target," terangnya.

Ketua Umum Partai Bulan Bintang ( PBB) Yusril Ihza Mahendra menegaskan partainya secara resmi mendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 1, Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Baca: SBY: Pemimpin yang Banyak Tebar Janji, Sulit Menepati

Keputusan itu sudah diputuskan oleh DPP PBB. "Secara resmi sebetulnya keputusan sudah diambil oleh Dewan Pimpinan Pusat PBB beberapa waktu lalu," ujar Yusril di sela Rapat Koordinasi Nasional PBB di Ancol, Jakarta Utara, Minggu (27/1/2019).

Menurut Yusril, keputusan itu sudah sesuai dengan mekanisme internal partai serta anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) partai. Dalam aturan internal partai, kewenangan untuk memutuskan pasangan calon presiden dan wakil presiden melalui rapat pleno dari DPP PBB. (bob)

Laporan: Bobby Constantine Koloway

Artikel ini tayang sebelumnya di Surya.co.id dengan judul: PBB akhirnya Resmi Mendukung Jokowi - Ma'ruf Amin, Kader di Jatim Siap Mengawal

Sumber: Surya
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas