Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sesepuh Pondok Pesantren Lirboyo Keluarkan Maklumat Dukung Jokowi-Ma'ruf Amin

Beberapa di antara kiai sepuh yang hadir adalah pengasuh pesantren besar di Jatim.

Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Sesepuh Pondok Pesantren Lirboyo Keluarkan Maklumat Dukung Jokowi-Ma'ruf Amin
Kompas.com/ handout
Maklumat masyayikh pesantren Lirboyo untuk mendukung Jokowi-Maruf Amin. 

TRIBUNNEWS.COM, SEMARANG - Dukungan untuk pasangan Capres-Cawapres 01, Ir. Joko Widodo-K.H. Ma’ruf Amin, terus mengalir dari berbagai kalangan.

Setelah pendekar, seniman dan selebritis, kali ini para pengasuh pondok pesantren di berbagai daerah, menginstruksikan santri dan alumninya untuk mendukung perjuangan Kyai Ma’ruf, memenangkan Pilpres 2019.

Selasa (12/3/2019), tiga sesepuh Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri, Jawa Timur mengeluarkan maklumat berisi dukungan atas pencalonan Capres-Cawapres 01 (Jokowi - Kiai Ma'ruf Amin) sebagai Presiden dan Wakil Presiden 2019 - 2024.

Maklumat tersebut disampaikan dalam bentuk video dan surat edaran yang ditandatangi oleh KH. M Anwar Manshur (pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo), KH. Abdulloh Kafabih Mahrus (Ketua Umum Pengurus Pusat Himpunan Alumni Santri Lirboyo).

“Dengan senantiasa memohon Rahmat dan ridho Allah SWT, Masyayikh Pondok Pesantren Lirboyo menginstruksikan kepada santri dan alumni untuk: menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu 2019; menciptakan Pemilu yang aman, damai dan beradab; dan memilih pasangan Capres-cawapres nomor urut 1, Ir. Joko Widodo-K.H Ma’ruf Amin,” ujar Kyai Anwar, membacakan surat tertanggal 12 Maret 2019 itu.

Baca: Kata Kubu Jokowi, Survei Internal BPN Hanya Kreasi

Sebelumnya, Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri, Pasuruan, K.H Nawawi Abdul Djalil, Pengasuh Pondok Pesantren Al Halim, Garut, hingga seluruh keluarga pengasuh Babakan Ciwaringin, Cirebon, Pondok Pesantren Buntet, Cirebon dan berbagai pondok pesantren lainnya menyampaikan instruksi dan dukungan serupa.

Pembina Master C19 Portal KMA, Gus Ahmad Syauqi Ma’ruf Amin, mengaku bersyukur atas mengalirnya dukungan untuk Kyai Ma’ruf. Ia berharap dukungan itu berdampak luas sehingga meningkatkan perolehan suara pasangan Jokowi-KMA.

BERITA TERKAIT

“Dalam rangkaian silaturahmi Abah (Kiai Ma’ruf), juga teman-teman Master C 19 ke berbagai daerah, para sesepuh dan tokoh dari lintas agama juga telah berkomitmen secara sukarela, untuk mendukung Capres 01. Saya berharap ini jadi momentum kita untuk bergerak bersama menuju Indonesia Maju,” tandas Gus Oqi.

Putra Kiai Ma’ruf ini meyakini dukungan dari para sesepuh pesantren akan berdampak signifikan dan membawa keberkahan bagi pasangan Jokowi-KMA, juga untuk seluruh masyarakat Indonesia.

“Insya Allah ini jadi berkah buat kita semua. Karena dukungan para kiai dan tokoh agama ini tak hanya didengar dan ditaati oleh para santri dan umat Islam di Indonesia, tapi juga disertai dengan doa dan dukungan spiritual untuk Abah maupun untuk pak Jokowi, serta untuk seluruh rakyat Indonesia,” imbuhnya.

Dukungan 10 Kiai Sepuh

Sekitar 300 ulama sepuh dan pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) yang tergabung dalam Forum Kiai Bersatu se-Jatim kian meneguhkan dukungan kepada pasangan Calon Presiden-Calon Wakil Presiden, Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin dalam Pilpres 2019.

Beberapa di antara kiai sepuh yang hadir adalah pengasuh pesantren besar di Jatim.

Koordinator Forum Kiai Bersatu se-Jatim, KH Ahmad Fahrur Rozi menjelaskan bahwa satu di antara alasan pihaknya mendukung paslon nomor urut 01 ini karena mempertimbangkan figur KH Ma’ruf Amin.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas